Deni Kurniadi: Hadirnya Gedung Perpustakaan Tanah Bumbu,Kalsel Menghasilkan SDM Berkualitas

4 Agustus 2022 16:44 WIB
Peresmian Gedung Perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan
Peresmian Gedung Perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ( Humas Perpusnas)

Tanah Bumbu, Sonora.Id - Kondisi pandemi selama dua tahun di Indonesia memaksa peresmian Gedung Perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang sedianya dilakukan pada 2020 baru tahun ini dilaksanakan. Kini, pemda Tanah Bumbu berharap gedung layanan perpustakaan yang baru diresmikan mampu membawa masyarakat Tanah Bumbu cerdas dan literat.

Lokasi Kabupaten Tanah Bumbu berada di wilayah pesisir. Pada 2003, Kab. Tanah Bumbu memisahkan diri dari Kab. Kota Baru. Sebagai daerah yang diproyeksikan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN), Tanah Bumbu menyimpan banyak potensi yang bisa dioptimalkan, mulai dari batubara, industri besar, perikanan, perkebunan,hingga pertanian.

"Tentu banyak tuntutan yang diminta dari segala aspek. Oleh karena itu wajib bagi kami menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia, sesuai misi dari program pembangunan Tanah Bumbu,"ujar Bupati Zairullah Azhar,

Pascaperesmian gedung layanan perpustakaan umum dan kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) Kab. Tanah Bumbu, Kamis, (4/7/2022).
Dalam RPJMN 2020-2024, kata literasi dimaknai sebagai manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Artinya, daerah pun kini tidak bisa main- main kebutuhan literasi. Tidak mungkin menjalankan pembangunan tanpa dibarengi dengan perbaikan kualitas sumber daya manusia.

"Percepatan pembangunan harus didukung oleh keunggulan dari sisi SDM yang kompetitif dan berdaya saing," tambah Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi.

Maka, sudah saatnya daerah berlomba-lomba berkontribusi menciptakan SDM yang literasi. Karena masyarakat yang cerdas akan selalu berkorelasi dengan kemajuan daerah.
Peningkatan literasi bertalian erat dengan peran perpustakaan sebagai institusi penggerak perubahan. Sudah banyak masyarakat, baik secara individu maupun kelompok merasakan dampak positif dari transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Plt. Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Endang Camsuddin mengakui diperlukan percepatan dalam layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, termasuk layanan perpustakaan keliling. Namun, Endang mengakui diperlukan terobosan dalam mengenalkan perpustakaan ke masyarakat.

"Misalnya, mengadakan perayaan ulang tahun anak di perpustakaan," ujar Endang.

Senada dengan terobosan yang dilakukan provinsi, pemda Tanah Bumbu juga meminta pegawainya agar lebih banyak membaca buku dibanding media sosial.

"Banyak membaca buku bisa menambah paradigma berpikir sehingga tidak sempit wawasan," imbuh Sekretaris Daerah Ambo Sakka.

Bahkan, tambah Ambo, Bupati meminta kepada setiap OPD sepulang berdinas untuk memberikan bahan bacaan minimal satu eksemplar dan diserahkan kepada perpustakaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm