7 Contoh Teks Deskripsi Singkat beserta Strukturnya, Lengkap!

8 Agustus 2022 11:00 WIB
Ilustrasi Contoh Teks Deskripsi Singkat beserta Strukturnya
Ilustrasi Contoh Teks Deskripsi Singkat beserta Strukturnya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, terdapat beberapa teks yang akan dipelajari, salah satunya adalah teks deskripsi yang biasanya dipelajari pada Sekolah Dasar (SD) dan akan berlanjut pada jenjang pendidikan lainnya.

Teks deskripsi sendiri adalah sebuah teks atau tulisan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, pengalaman, atau perasaan sang penulisnya.

Beberapa contoh yang biasa ditemukan adalah teks deskripsi ini akan menceritakan sebuah objek apapun sehingga orang yang membacanya memiliki gambaran mengenai objek yang digambarkan tersebut.

Berikut ini adalah 7 contoh teks deskripsi singkat beserta strukturnya.

Baca Juga: Cara Membuat Teks Bergerak di Insta Stories dengan Mudah agar Menarik

1. Ayahku, Panutanku

Ayahku bernama Abu Salman. Ayah berpostur sedang, berumur sekitar 54 tahun. Rambutnya putih beruban. Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih. Kulit ayahku kuning langsat. Wajah ayah tipikal Batak dengan rahang yang kuat dan hidung mancung tapi agak besar. Matanya hitam tajam dengan alis tebal. Sepintas ayahku seperti orang India.

Meskipun kelihatannya mengerikan, ayahku orang yang sabar. Wajahnya teduh dan selalu tersenyum menghadapi masalah apa pun. Ya, ayahku adalah orang yang paling sabar yang pernah aku kenal. Tidak pernah terlihat marah-marah atau membentak. Beliau selalu menunjukkan perasaannya lewat gerakan bermakna di wajahnya. Jika melihat anaknya membandel, ayah hanya menggeleng sambil berkata lirih untuk membujuknya.

Tidak seperti orang Batak yang logatnya agak keras, ayahku sangat pendiam. Beliau yang irit kata, lebih suka memberi contoh langsung kepada anaknya tanpa perlu menggurui. Bagai air yang mengalir tenang, tetapi sangat dalam. Beliau adalah teladan bagi anak-anaknya.

Judul: terlihat dari judulnya, teks tersebut mendeskripsikan sosok ayah si penulis

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.