Buka Kegiatan Pendidikan Politik, Pj Bupati Landak Harap Pemilih Pemula Tidak Apatis

8 Agustus 2022 15:10 WIB
Pj. Bupati Landak Samuel membuka kegiatan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula dengan tema Pendidikan Politik Bagi Milenial Dalam Momentum Proses Demokrasi, di SMA Negeri 1 Ngabang, Senin (08/08).
Pj. Bupati Landak Samuel membuka kegiatan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula dengan tema Pendidikan Politik Bagi Milenial Dalam Momentum Proses Demokrasi, di SMA Negeri 1 Ngabang, Senin (08/08). ( Diskominfo Kab. Landak)

Pontianak, Sonora.ID - Pj. Bupati Landak Samuel membuka kegiatan Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula dengan tema Pendidikan Politik Bagi Milenial Dalam Momentum Proses Demokrasi.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kabupaten Landak, di SMA Negeri 1 Ngabang, Senin (08/08).

Samuel menyatakan bahwa Pemilihan Umum atau Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR-RI, anggota DPD-RI, anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota secara langsung, umum, bebas, dan rahasia berdasarkan UUD 1945.

Baca Juga: Hadir Rapat Paripurna, Pj Bupati Landak Sampaikan Perubahan KUA dan APBD Kabupaten Landak

“Pemilu merupakan legalisasi dan legitimasi transisi kekuasaan baik eksekutif maupun legislatif dengan cara diadakannya pemilihan langsung yang melibatkan warga negara yang ikut serta dalam proses pemberian suara (voting) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024,” ujar Samuel.

Ia menjelaskan bahwa pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Pasal 1 Ayat 4.

“Pendidikan politik atau sosialisasi politik merupakan tanggung jawab pemerintah daerah dalam melaksanakan urusan pembangunan sumber daya manusia untuk mewujudkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara, terkhusus bagi adik-adik pelajar kami yang ada di SMAN 1 Ngabang ini, yang merupakan pemilih pemula pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan pada tahun 2024,” terang Samuel.

Ia juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula dan diharapkan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan kualitas kehidupan politik dan demokrasi, khususnya bagi kaum milenial yang dilandasi oleh semangat dan nilai Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945.

Baca Juga: Samuel Harap Pengurus KONI Landak Periode 2022-2026 Tingkatkan Pembinaan Atlet

“Diharapkan melalui kegiatan pendidikan politik ini nantinya akan tumbuh anak-anak yang berkepribadian utuh, berketerampilan sekaligus juga berkesadaran yang tinggi sebagai warga negara yang baik, sadar akan hak dan kewajiban serta memiliki tanggung jawab yang dilandasi oleh nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang pada akhirnya para peserta dapat menjadi agen-agen sosialisasi politik dalam upaya mewujudkan masyarakat yang demokratis, cerdas dan bermartabat,” harapnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.