Syarif Bando: Kekuatan TNI di Seluruh Pelosok Negeri Akan Mampu Sejahterakan Masyarakat Melalui Literasi

9 Agustus 2022 15:01 WIB
Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin MOU dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) di Jakarta, Selasa (9/8/2022)
Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin MOU dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) di Jakarta, Selasa (9/8/2022) ( Perpusnas)

Jakarta,Sonora.Id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjalin kerja sama bidang perpustakaan dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas). Kedua belah pihak meyakini bahwa kesepahaman tersebut merupakan energi baru dalam menyiapkan sumber-sumber bahan bacaan untuk masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, dengan Panglima TNI yang diwakili oleh Asisten Komunikasi dan Elektronika Panglima TNI, Marsda TNI Agus M. Bahron.

"Kami tahu kekuatan dan sumber daya TNI merata sampai ke pelosok. Bukan hanya menjaga teritorial, tetapi lebih pada paradigma bagaimana membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia. Ini merupakan kekuatan baru. Jadi, kami siap dengan kerja sama ini untuk mendukung menyediakan sumber informasi yang terbaru, terpercaya, dan terkini," ujar Syarif Bando dalam keterangan yang diterima Redaksi Sonora.Id, Selasa (9/8/22).

Baca Juga: TNI Perkuat BKKBN dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Baca Juga: Tingkatkan Literasi, Komunitas di Makassar Dilatih Tata Kelola Keuangan

Perpusnas sebagai lembaga pemerintah non kementerian memiliki tugas untuk merumuskan kebijakan di bidang perpustakaan dalam menginformasikan tentang perkembangan dunia ilmu pengetahuan kepada seluruh elemen masyarakat.

Perkembangan teknologi saat ini mengharuskan adanya perubahan paradigma perpustakaan. Bisa dikatakan bahwa mayoritas peran perpustakaan saat ini adalah sebagai transfer pengetahuan. Jauh dari paradigma masa lalu yang masih berfokus manajemen koleksi dan manajemen pengetahuan.

"Saya kira peran TNI dalam kemanunggalan bersama rakyat itu sangat penting dan sesuai dengan paradigma perpustakaan saat ini," katanya.

Kesepahaman yang dibangun bersama TNI ini penting untuk membangun sinergitas sehingga memastikan orientasi pengembangan di masa depan dimana perang tidak melulu secara fisik melainkan juga melalui pemikiran atau intelektualitas," lanjut Syarif Bando.

Sementara itu, Asisten Komunikasi dan Elektronika Panglima TNI, menjelaskan dinamika lingkungan strategis pada tataran global, regional dan nasional telah mempengaruhi pola dan bentuk ancaman. Baik ancaman yang bersifat militer, nonmiliter, maupun ancaman hibrida.

"Maka, untuk menjawab tantangan tersebut sudah sewajarnya diperlukan pertahanan negara yang tangguh, baik dari sisi pertahanan militer itu sendiri maupun nirmiliter dengan mengacu pada sistem pertahanan bersifat semesta. Ini lah yang harus dipersiapkan secara dini oleh pemerintah," katanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm