Ilustrasi Legenda Asal Usul Terjadinya Gempa Bumi by Calonarangtaksu
Ilustrasi Legenda Asal Usul Terjadinya Gempa Bumi by Calonarangtaksu ( Calonarangtaksu)

Inilah Legenda Asal Usul Terjadinya Gempa Bumi, Pernah Dengar?

10 Agustus 2022 13:00 WIB

Sonora.ID - Terdapat sebuah Legenda tentang penyebab gempa bumi yakni Legenda Terbangunnya Bhadawang Nala, legenda yang seringkali diceritakan oleh orang-orang tua Bali zaman dulu.

Diceritakan "Jauh di dalam bumi, tersebutlah seekor kura-kura raksasa yang dikenal sebagai Bhadawang Nala.

Kala itu, Bhadawang Nala sedang terlelap dalam tidur abadinya, sang kura-kura dililit oleh dua naga, yakni Naga Anantaboga dan Naga Basuki, ketika sang Bhadawang Nala terbangun dan bergerak, gunung pun akan meletus.

Baca Juga: Untuk Wilayah Rawan Gempa, Ini Solusi Mitigasi dari BMKG

Jika Naga Anantaboga terusik dengan gerakan Bhadawang Nala, sang naga akan ikut bergerak.

Maka bumi akan berguncang dan terjadi gempa, jika merasa terusik juga, Naga Basuki akan ikut bergerak maka samudra akan bergejolak hingga menimbulkan gelombang laut yang dahsyat.

Mitos ini sebenarnya tak bisa dicerna begitu saja, karena leluhur Bali selalu menggunakan "perumpamaan" dalam membuat setiap karya sastra yang menjadi legenda, Legenda Bhadawang Nala ini bisa dijelaskan secara logis.

Bhadawang Nala diumpamakan sebagai magma yang berada di perut bumi, sehingga ungkapan "Bhadawang Nala terbangun dari tidurnya" bisa dimaknai sebagai aktivitas vulkanik yang menyebabkan gunung meletus.

Baca Juga: Bismillah Semoga Ramalannya Salah, Indigo Ini Sebut Indonesia Digncang Gempa, Banten dan Yogyakarta Termasuk

Kemudian, Naga Anantaboga adalah perlambang tanah atau lempeng bumi, dimana, ungkapan "Naga Anantaboga terusik karena bangkitnya Bhadawang Nala”

Hal itu dimaknai sebagai gempa bumi yang terjadi akibat adanya tumbukan antar lempengan bumi dan patahan aktif aktivitas vulkanik.

Sementara, Naga Basuki adalah simbol air lautan dan ungkapan "Naga Basuki ikut bergerak karena terusik oleh Naga Anantaboga" Dimaknai sebagai gelombang lautan yang timbul karena pergerakan lempeng bumi.

Orang-orang yang mendengar Legenda ini umumnya akan menelan mentah-mentah dan menganggapnya sebagai dongeng semata.

Semua legenda yang ditulis atau dituturkan oleh Leluhur kita sesungguhnya bukanlah dongeng.

Legenda itu akan selalu ada makna terselip ilmu pengetahuan dan filosofis dibalik cerita-cerita tersebut karena leluhur kita selalu memasukan makna tersirat dalam setiap ceritanya yang harus dibedah kembali.

Baca Juga: Ternyata Indonesia Ditimpa Gempa Bumi 4 Kali Pada Minggu Kemarin

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm