Wapres Ma'ruf Amin: Dosen Agama Islam Bisa Jadi Garda Depan Cegah Radikal

11 Agustus 2022 19:10 WIB
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menghadiri Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam (KONASPAI) V Tahun 2022 secara virtual, Kamis (11/08/2022)
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menghadiri Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam (KONASPAI) V Tahun 2022 secara virtual, Kamis (11/08/2022) ( Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden (BPMI Setwapres) )

Sonora.ID - Wakil Presiden Ma'aruf Amin menyampaikan keragaman menjadi cara pandang yang harus dipegang teguh dalam kehidupan, saling menghormati dan toleransi yang menjadi nilai kehidupan bangsa Indonesia.

"Moderasi mengarahkan kita kepada sikap saling menghormati perbedaan, selain menginternalisasikan ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan, membangun kemaslahatan masyarakat, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa" Ucap Wapres dalam Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam (KONASPAI) V Tahun 2022, secara virtual, Kamis (11/08/2022)

Namun dalam perkembangannya muncul tantangan berupa paham-paham radikal atau ekstrem, baik yang berorientasi pada agama maupun ideologi-ideologi lain, seperti liberalisme dan sekularisme.

Baca Juga: Resmikan Opop, Wapres Ma'ruf Amin Ingin Pesantren Jadi Pemberdayaan Ekonomi Sekitar

"Oleh karena itu kita perlu memperkuat pemahaman dan sikap keagamaan yang moderat, melalui  berbagai gerakan khususnya di bidang pendidikan agama"

Wapres menyebut hal itu perlu diwujudkan dalam program nyata melalui kebijakan dari pemerintah pusat dan daerah. 

Menurut Wapres Dosen Pendidikan Agama Islam di perguruan tinggi umum dapat menjadi garda terdepan untuk mencegah paham radikal.

"Dosen Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum dapat menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan moderasi beragama yang dapat mencegah paham radikal".

Baca Juga: Wapres Tekankan Pentingnya Sektor Jasa Keuangan untuk Hadapi Gejolak Ekonomi Global

"serta berperan memberi landasan ideologi, bekal ilmu pengetahuan yang lurus bagi mahasiswa untuk menjadi pelopor dan pembawa kemaslahatan bagi masyarakat, dalam wujud khazanah ilmu dan peradaban Islam yang rahmatan lil alamin" Lanjut Wapres.

Untuk mewujudkannya Wapres meminta semua pihak bekerja sama, terutama di era teknologi. Wapres juga menyampaikan beberapa berpesan pada Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam :

  1. Tingkatkan kompetensi dan pengetahuan seluruh Dosen Pendidikan Islam sehingga pengajaran dan pendidikan agama Islam tidak tertinggal, makin berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman.
  2. Tingkatkan kompetensi di bidang teknologi informasi agar mampu memenuhi harapan kapabilitas komunikasi multimedia dengan generasi muda.
  3. Segera terapkan budaya kemandirian belajar dalam pendidikan dan pengajaran agama Islam agar keunggulan ilmu dan peradaban Islam makin dikenal, berkembang dan maju.
  4. Segera rektor di perguruan tinggi umum hendaknya  melakukan tindakan-tindakan proaktif untuk memperkuat moderasi beragama di kampus, misalnya mengarahkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler keagamaan termasuk pengelolaan masjid kampus yang berorientasi pada moderasi beragama.
  5. Perkuat kerja sama dengan berbagai lembaga dan instansi untuk kampanye moderasi beragama, serta kemajuan pendidikan nasional dan peradaban bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Sebut Penghuni Surga Kebanyakan Orang Indonesia, Netizen: Amin Paling Serius

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.