Anjlok Dalam Sepekan, Harga Cabai Merah di Sumut Turun Hingga 30%

13 Agustus 2022 18:25 WIB
Ilustrasi cabai di pasar.
Ilustrasi cabai di pasar. ( Kompas.com)

Medan, Sonora.ID - Harga cabai merah dalam sepekan terakhir secara poin to poin mengalami penurunan sekitar 25% - 30%. Harga cabai merah yang diakhir pekan lalu bertengger dikisaran 90 ribu per Kg. Di akhir pekan ini harganya turun dikisaran 60 ribu per Kg nya.

Pengamat Ekonomi Sumatera Utara, Benjamin menerangkan, harga cabai merah masih berpeluang untuk melanjutkan tren penurunan.

Dan dari pengamatan hingga hari jumat, harga cabai di sekitar wilayah kota medan, deli serdang, binjai itu berada dalam rentang 50 hingga 60 ribu per Kg.

"Di wilayah padang sidempuan, sibolga berada diksiaran angka 60 ribuan per Kg. Dan di wilayah gunung sitoli masih di atas 80 ribu per Kg nya. Untuk cabai rawit di kota medan, deli serdang, binjai berada di kisaran 35 hingga 40 ribuan per Kg, di kota padang sidempuan dan sibolga dikisaran 50 ribuan per Kg," jelasnya kepada awak media dalam wawancaranya.

Sementara itu, harga bawang merah dalam sepekan terakhir juga mengalami penurunan. Tetapi dari hasil pengamatan, bawang merah terpantau turun di wilayah medan dan deli serdang.

Baca Juga: Ibu-ibu Jangan Begini Lagi Lho, Kebiasaan Bungkus Cabai Pakai Koran Bisa Undang Malapetaka ke Rumah, Nyawa Keluarga Taruhannya

Di Kota Medan dan Deli Serdang dalam sepekan terakhir harga bergerak turun sekitar 12%. Sementara penurunan harga bawang merah juga terpantau turun 7 persenan di kota pematang siantar.

Disisi lainnya, Dari pantauan PIHPS, terjadi penurunan harga pada daging ayam. Kalau di SUMUT itu terjadi penurunan sekitar 1.3%.

Tidak begitu banyak memang, namun kalau di kota medan penurunan harga daging ayam begitu terasa, yakni turun dari kisaran 29 – 30 ribu per Kg menjadi dikisaran 27 – 29 ribu per Kg nya.

"Namun saya tidak yakin harga daging ayam ini akan melanjutkan tren penurunan,"ungkap Benjamin.

I"Jika mengacu kepada penurunan harga sejumlah kebutuhan pokok tersebut, saya sangat yakin deflasi yang tercipta di bulan agustus berada dikisaran angka 0.5%. Memang masih bisa berubah nantinya, karena ini masih setengah jalan hingga tutup agustus. Tetapi sejauh ini memang realisasi penurunan harga sejumlah kebutuhan pangan masih sesuai dengan ekspektasi saya sebelumnya, "katanya.

Baca Juga: Dalam Sepekan Terakhir di Sumut, Cabai Rawit Anjlok 33 Persen, Bawang Merah Turun 18 Persen

Namun, Sumut memang belum sepenuhnya bebas dari ancaman kenaikan harga barang. Sejauh ini penysuaian tarif ojek online, ditambah ancaman kenaikan harga tiket pesawat masih menyisahkan masalah terkait dengan pembentukan harga kebutuhan masyarakat di bulan Agustus ini.

"Kebijakan penyesuain tariff ojek online oleh kementerian perhubungan, dtambah dengan rencana kenaikan tiket pesawat berpeluang memicu terjadinya inflasi di SUMUT maupun tanah air, "tutup Benjamin.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.