Pertamina Dorong Pemanfaatan Produk Negeri dalam Industri Perhotelan

15 Agustus 2022 16:49 WIB
Pertamina Dorong Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Industri Perhotelan
Pertamina Dorong Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Industri Perhotelan ( Pertamina Sumbagut)
Medan, Sonora.ID – Dalam menginisiasi penyelenggaraan Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba selama dua hari, 10-11 Agustus 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.
 
Dalam sambutannya, Manager SMEPP Pertamina, Rudi Ariffianto menyampaikan, bahwa para pelaku UMKM harus terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menghadapi masa kebiasaan baru pasca pandemi. 
 
"Pertamina melalui program PUMK hadir di tengah - tengah masyarakat untuk tumbuh dan berkembang sebagai langkah nyata peningkatan usaha menjadi produktif, efisien dan tentu saja profitable," ujarnya. 
 
Kegiatan ini sebagai langkah tindak lanjut dari peningkatan sektor pariwisata yang menjadi peluang peningkatan ekonomi UMKM.
 
Pertamina mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
Untuk itu, dalam menjalankan perannya Pertamina bekerjasama dengan Kemenparekraf berupaya untuk memberdayakan dan mengembangkan serta memfasilitasi UMKM dengan menggelar Business Matching yang bertujuan mempertemukan antara pelaku UMKM dengan industri perhotelan.
 
 
Dalam rangkaian Businnes Matching ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di DPSP Danau Toba, yang menjembatani para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya agar terjadi transaksi penjualan.
 
Para pelaku UMKM sebelumnya sudah mendapatkan pembekalan berupa pelatihan yang sudah dilakukan sebelumnya.
 
Dimana pelatihan difokuskan mempelajari komunikasi bisnis dan teknik negosiasi bagi pelaku UMKM agar memiliki rasa percaya diri ketika harus berhadapan langsung dengan potensial buyer untuk mempresentasikan produk unggulannya.  
 
Business Forum yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Utara, Deputi Bidang Industri & Investasi, General Manager Community Development Center PT Telkom dan Direktur Management Industri – Kemenparekraf.
 
Ini dilakukan sesi presentasi oleh pelaku UMKM dan dilanjutkan dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara UMKM dan hotel.
 
Vice President CSR & SMEPP Management, Fajriyah Usman memastikan para UMKM mitra binaan di Danau Toba mampu menyuguhkan produk – produk unggulan berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan brand besar.
 
“Saya optimis, bahwa para pelaku UMKM sudah siap bersaing dan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan peluang penjualan," ujarnya.
 
Menurutnya ini menjadi momentum penting bagi pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.
 
Dukungan yang bertubi–tubi yang telah diberikan oleh pemerintah harus dimanfaatkan sebaik–baiknya, meningkatkan kreatifitas dalam melakukan inovasi harus terus dilakukan.
 
Melalui pelatihan yang diberikan oleh Pertamina sebelumnya, diharapkan dapat mempertajam kemampuan UMKM dalam menghadapi persaingan.
 
Pertamina terus melakukan penyelenggaraan pembinaan bagi UMKM dan melakukan pembenahan yang lebih terstruktur dalam rangka upaya UMKM naik kelas.
 
"Semoga kegiatan Business Matching dapat berjalan lancar dan pemulihan ekonomi nasional dapat tercapai," tutup Fajriyah.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.