Memaknai Tema HUT Pramuka yang ke-61 tahun

16 Agustus 2022 20:48 WIB
Lirik Lagu 'Pramuka Sejati' (Ilustrasi)
Lirik Lagu 'Pramuka Sejati' (Ilustrasi) ( Tribunnews.com)

Palembang, Sonora.ID – Setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka.

Tema tahun ini adalah mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa.

Dr. Arwan, M.Pd, Wakil Sekretaris Kwarda Sumsel kepada Sonora (15/08/2022) menjelaskan maknanya.

“Pramuka adalah bagian dari karakter untuk mewujudkan generasi muda yang mampu dan siap mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa. Bangsa kita harus tangguh, kuat. Harus ada orang-orang muda. dalam diri  pramuka yang siap mengabdi tanpa batas itu untuk membangun ketangguhan bangsa tadi,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pramuka sangat penting karena pramuka berkomitmen meningkatkan keterampilan, sikap dan laku, wawasan ilmu dan seterusnya, yang secara khusus dinyatakan dalam dasa dharma pramuka, mulai dari Ketuhanan dimana anggota pramuka dididik untuk mewujudkan kehidupan beragama sesuai yang dianut.

Ada juga sikap rela menolong, hemat, cermat, bersahaja dan seterusnya. Dalam dasa dharma ada 10 dharma, 10 komitmen gerakan pramuka.

Ini memberi arti menanamkan nilai, pengetahuan, wawasan kepada generasi muda agar dasa dharma tercermin dalam prilaku kehidupan sehari-hari.

Tantangan generasi muda saat ini adalah teknologi. Gerakan pramuka tidak ketinggalan dan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Baca Juga: 30 Link Twibbon Ucapan Selamat Hari Pramuka 14 Agustus 2022, Paling Menarik dan Kekinian!

Melalui media sosial dan internet banyak hal-hal yang mengusik kehidupan berbangsa. Oleh sebab itu pramuka berkomitmen dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Ia mengatakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka yang ke- 61, dilakukan beragam kegiatan, diantaranya ziarah ke makam pahlawan pada tanggal 10 Agustus, renungan suci, bakti social disemua jajaran mulai dari kwartir ranting, cabang dan kwarda.

Ada juga lomba-lomba kepramukaan, dan puncaknya adalah perkemahan di Oku Selatan pada tanggal 4 September 2022, rencananya akan dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru.

“Spiritnya adalah meningkatkan kegairahan pramuka setelah terhalang pandemic,” tukasnya.

Saat ini berlangsung jambore nasional yang berlangsung di Cibubur Jakarta. Sumsel mengirimkan sebanyak 310 pramuka penggalang, perwakilan dari 17 kabupaten kota se-sumsel.

Masing-masing kabupaten mengirimkan sebanyak 16 orang pramuka, terdiri dari 8 putra dan 8 putri serta dua Pembina pendamping.

Ada juga pramuka luar biasa. Dalam jambore nasional terdapat beragam kegiatan seperti kegiatan keterampilan kepramukaan, wisata dan api unggun.

Dalam jambore ini sumsel ikut memamerkan kebudayaan daerah sumsel.

“gerakan pramuka hadir cukup panjang dalam mengawal anak bangsa. Gerakan pramuka penting dalam memberi bekal dan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih jauh mengamalkan nilai-nilai pramuka sebagai bagian kehidupan untuk ikut membangun ketangguhan bangsa,” tutupnya.

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari Pramuka 14 Agustus 2022 Paling Menyentuh Hati

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.