11 Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Pendidikan, Materi Kelas 9

20 Agustus 2022 11:00 WIB
Ilustrasi Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Pendidikan / Materi Kelas 9
Ilustrasi Contoh Pidato Persuasif Singkat tentang Pendidikan / Materi Kelas 9 ( Freepik.com)

Sonora.ID - Dalam berbagai acara, pidato kerap masuk dalam susunan acara atau rundown, sehingga belajar untuk menyusun dan membuat pidato menjadi hal yang penting dan termasuk dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

Pidato pun memiliki banyak jenis, salah satu yang dipelajari dalam materi kelas 9 adalah pidato persuasif tentang pendidikan.

Seperti namanya, pidato persuasif akan berisi kalimat-kalimat yang membangkitkan emosi orang yang mendengarnya, membangkitkan semangat, atau persetujuan dari pendengar kepada yang menyampaikan, dengan demikian dibutuhkan kemampuan untuk merangkai kalimat di dalam pidato persuasif.

Pidato persuasif berisi ajakan, larangan, atau saran.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 11 contoh pidato persuasif singkat tentang pendidikan untuk materi kelas 9 atau 3 SMP.

Pendidikan bahaya merokok

Assalamualaikum Wr. Wb. Yang saya hormati, Ibu Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru, dan teman-teman yang saya cintai. 

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok ini menjadi benar-benar bisa menjadi hari yang terbebas dari asap rokok selamanya. Bukan menjadi rahasia umum lagi dan tidak harus dipungkiri lagi kalau di kalangan para perokok sebetulnya sudah mengetahui ataupun merasakan dampaknya dari bahaya merokok tersebut, namun mereka seolah menutup mata dengan bermacam alasan.

Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti menyebabkan setidaknya 25 jenis penyakit. Artinya, saat berbagai negara termasuk negara berkembang memperketat peraturan soal rokok untuk melindungi kesehatan rakyatnya, namun Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok.

Marilah kita wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita sendiri. Mudah-mudahan di hari bebas tembakau sedunia ini, kita akan lebih menyayangi diri kita sendiri dengan dimulai dari menyehatkan diri sendiri. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.