Perkuat Karakter Profil Pelajar Pancasila, Ibu Negara Mendongeng Bersama Anak-anak PAUD

24 Agustus 2022 12:20 WIB
( Saortua Marbun)

Sonora.ID - Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju (KIM) menyelenggarakan kegiatan penguatan karakter Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan tersebut dikemas melalui serangkaian aktivitas menyenangkan bersama anak-anak yang diikuti langsung Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (24/8) di SKB Kabupaten Tangerang itu sekaligus merupakan giat pertama di lapangan oleh Ibu Negara selaku Pembina OASE KIM pasca dua tahun pandemi.

Adapun Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut memberikan dukungan sesuai tugas pokok dan fungsi yang diemban yaitu terkait penguatan karakter.

Mengawali kegiatan, Ibu Iriana didampingi Ibu Wury mengajak anak-anak untuk mulai membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan simulasi cuci tangan dengan sabun.

Berikutnya, Ibu Negara dan Ibu Wury turut membacakan dongeng kepada anak-anak. Aktivitas mendongeng diyakini mampu menjadi sarana efektif dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter anak.

Pembentukan dan penguatan karakter anak yang diharapkan sejalan Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Sedang Menghitung Skenario Penyesuaian Harga BBM Bersubsidi

Usai mendongeng, Ibu Iriana memberikan kuis. “Ayo coba hewan yang bertanduk!” ucap Ibu Negara diiringi riuh suara antusiasme anak-anak.

Anak-anak pun menjawab dengan lantang : Rusa ! Rusa!, Banteng !, Banteng !

Beberapa pertanyaan Ibu Iriana pun tak pelak semakin menambah kemeriahan bersama anak-anak. Harapan untuk bisa menanamkan nilai-nilai baik sejak dini dalam proses penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila niscaya dapat terwujud dalam rangka menciptakan sumber daya manusia Indonesia unggul di masa depan.

Sebelum bertolak, Ibu Iriana didampingi Ibu Wury bersama seluruh anggota OASE KIM yang terdiri dari para pendamping Menteri di era Kabinet Indonesia Maju serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) memberikan donasi untuk satuan pendidikan.

Donasi berupa 300 paket buku bacaan dari OASE KIM Bidang 1, 4 (empat) plakat CTPS dan 1 (satu) sarana CTPS dari OASE KIM Bidang 2, 20 set alat olahraga PAUD dari OASE KIM Bidang 3, 20 set tempat sampah dari OASE KIM Bidang 4, dan bibit tanaman dari OASE KIM Bidang 5.

Adapun serangkaian kegiatan yang dilakukan Ibu Negara tersebut masuk dalam program parenting dan peningkatan kualitas PAUD yang merupakan bagian dari program kerja Bidang 1 OASE KIM yakni pengasuhan dan pendidikan karakter. Bidang 1 OASE KIM diketuai oleh Ibu Franka Franklin Makarim, istri Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.