11 Contoh Cerita Fabel Singkat, Berisi Pesan Moral untuk Anak

Diperbaharui 2 Desember 2022 17:05 WIB
Ilustrasi Contoh Cerita Fabel Singkat
Ilustrasi Contoh Cerita Fabel Singkat ( Freepik.com)

Sonora.ID - Fabel adalah cerita yang melibatkan hewan sebagai tokoh-tokoh di dalamnya, misalnya cerita fabel yang terkenal di kalangan anak-anak adalah ‘Si Kancil yang Cerdik’ yang menceritakan kancil dengan segudang pikiran kreatif dan cerdik untuk menghadapi masalah dalam hidupnya.

Cerita fabel lebih disukai oleh anak-anak karena ada hewan-hewan yang digambarkan sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Ditambah lagi, biasanya cerita fabel mengandung pesan moral sederhana bagi anak-anak.

Berdasarkan KBBI, cerita fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti).

Kisah dengan penggambaran ini menjadi salah satu kisah yang paling digemari oleh anak-anak karena pada usia tersebut anak-anak sedang dalam fase mengenali hewan.

Karena penggambarannya menggunakan binatang, anak-anak menjadi lebih bisa menerima pesan yang disampaikan.

Tak heran jika banyak buku cerita anak atau film anak-anak menggunakan hewan sebagai tokoh di dalamnya. Hal ini juga membuat anak terbiasa untuk suka membaca buku dengan memperkenalkan buku cerita fabel.

Orang tua pun biasanya membacakan dongeng fabel pada anak sejak anak usia dini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 11 contoh cerita fabel singkat.

  • Cerita Fabel Singkat 1: Kura-kura dan kelinci

Cerita fabel ini berkisah tentang seekor kelinci sombong karena merasa dirinya lah yang tercepat di hutan. Ia menantang hewan lainnya untuk lomba lari dengannya dan kura-kura menerimanya. Awalnya kelinci menganggapnya sebuah lelucon karena tahu bahwa kura-kura berjalan dengan sangat lambat, tapi akhirnya ia bersedia untuk lomba lari bersama kura-kura.

Saat lomba sudah dimulai, kelinci memang berlari dengan cepat sementara kura-kura jauh tertinggal di belakang. Di tengah perjalanan, kelinci merasa tidak akan bisa disusul oleh kura-kura jadi ia beristirahat dan menyantap wortel yang ia temukan di hutan. Karena kekenyangan, ia pun mengantuk dan akhirnya tertidur.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.