Pasar Rakyat Jogja Gumregah Digelar Mengobati Kerinduan Pasar Malam Perayaan Sekaten

30 Agustus 2022 20:40 WIB
Widihasto dan Inung Norzani di lahan eks STIEKER
Widihasto dan Inung Norzani di lahan eks STIEKER ( )
 
Yogyakarta, Sonora.ID - Mengobati kerinduan warga masyarakat terhadap Pasar Malam Perayaan Sekaten di Yogyakarta sekaligus dalam rangka turut mangayubagyo peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW akan digelar Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022 berlokasi di lahan eks kampus STIEKERS Jl. Parangtritis KM 3 Salakan Bangunharjo Sewon Bantul.
 
Pasar Rakyat Jogja Gumgregah digelar selama sebulan penuh mulai tanggal 16 September hingga 16 Oktober 2022. 
 
Penyelenggara Pasar Rakyat Jogja Gumregah adalah Sekber Keistimewaan DIY, Altar Ria Production dan Pola Prakarya didukung Perkumpulan Pengusaha Pasar Malam P3M.
 
Momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sendiri jatuh pada Sabtu Pahing 12 Mulud 1956 Ehe atau Sabtu 8 Oktober 2022. 
 
Ketua Sekber Keistimewaan DIY Widihasto Wasana Putra menjelaskan pihaknya akan mengobati kerinduan masyarakat terhadap perayaan pasar malam Sekaten.
 
"Ingatan kolektif masyarakat akan sego gurih, ndog abang, arum manis, brondong, martabak, bolang baling, tong stand, ombak banyu, gua hantu, komedi putar, kapal othok-othok dan lain sebagainya akan kita hadirkan kembali di Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022. " katanya.
 
Istilah Jogja Gumregah dipilih sebagai suatu harapan agar perekonomian masyarakat kembali bangkit setelah dua tahun terpuruk akibat dampak pandemi covid.
 
 
Dampak dari gelaran Pasar Rakyat Jogja Gumregah akan menggairahkan geliat ekonomi para pedagang UMKM, penyedia jasa persewaan tenda, jasa listrik, jasa kebersihan, pelaku seni pertunjukan dan lain sebagainya. 
 
Dikatakan juga bahwa hal penting dari penyelenggaraan Pasar Rakyat Jogja Gumregah adalah turut mendorong geliat ekonomi pelaku usaha kecil setelah melewati masa pandemi covid 19. Selain itu juga menyemarakkan kawasan selatan Yogyakarta.
 
Widihasto Wasana Putra mengatakan meski di era sekarang banyak bermunculan pusat-pusat keramaian dan perbelanjaan modern namun keberadaan pasar malam yang menyajikan berbagai produk barang jasa yang khas tetap punya segmen pasar tersendiri.
 
"Pasar Malam tetap diminati masyarakat. Pilihan barang yang dijual beragam dan dikenal murah. Termasuk aneka kuliner dan berbagai pilihan wahana permainan. Ini jadi magnet tersendiri," ujanya.
 
Sementara itu founder Altar Ria Production sekaligus Ketua Pelaksana Harian Pasar Rakyat Jogja Gumregah Inung Norzani, S. Sos menerangkan ratusan stand UMKM, kuliner, otomotif, wahana permainan serta panggung hiburan akan memenuhi area lahan eks Kampus STIEKER. Pihaknya selama sepekan terakhir telah menurunkan dua alat berat dan dua dump truck untuk meratakan lahan.
 
 
Pihaknya menjelaskan cukup kesulitan meratakan semua lahan mengingat sisi timur terdapat lahan bekas kolam warga yang cukup dalam dan lebar. Namun ia berusaha semaksimal mungkin menyiapkan lahan yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk usaha.
 
"Masyarakat yang ingin menyewa lahan usaha dapat menghubungi panitia melalui nomor telpun 087859080808. Dibuka pendaftaran stand mulai tanggal 1 September 2022 di lokasi acara," terangnya.
 
Inung Nirzani menambahkan pihaknya juga memberi ruang bagi kelompok kesenian yang ingin berpartisipasi menampilkan seni pertunjukan. Panitia menyediakan panggung berikut sound dal lighting. Masyarakat yang ingin tampil dapat menghubungi nomor 082135510177," katanya.
 
Terpisah GKR Mangkubumi menyambut baik pelaksanaan Pasar Rakyat Jogja Gumregah. Ia berharap ajang ini meskipun hanya dilaksanakan sebulan namun dapat memberikan kemanfaatan bagi para pelaku UMKM dan alternatif ruang terbuka yang menarik dikunjungi masyarakat.
 
"Saya berharap stand-stand yang ada dapat mewadahi pelaku UMKM dari DIY dan menyajikan dagangan yang berkualitas. Jaga kebersihan dan ketertiban serta panitia tetap menerapkan protokol kesehatan," pesannya.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm