Tim Pusdalsis Kompas Gramedia Gelar Simulasi Evakuasi Kebakaran di Gedung Bersama Kompas Gramedia Pontianak

5 September 2022 14:20 WIB
Tim Pusdalsis Kompas Gramedia Gelar Simulasi Evakuasi Kebakaran di Gedung Bersama Kompas Gramedia Pontianak
Tim Pusdalsis Kompas Gramedia Gelar Simulasi Evakuasi Kebakaran di Gedung Bersama Kompas Gramedia Pontianak ( )

Pontianak, Sonora.ID - Simulasi evakuasi kebakaran harus perlu dilakukan kepada setiap karyawan gedung agar jika pada saat terjadi peristiwa kebakaran, karyawan atau penghuni gedung sudah terbiasa mengambil langkah antisipasi. 

Kegiatan Ini juga dilakukan oleh Tim Pusdalsis Kompas Gramedia yang melaksanakan kegiatan Simulasi evakuasi kebakaran kepada karyawan dan penghuni gedung bersama Kompas Gramedia Pontianak, Selasa (30/08/2022) sore. 

"Simulasi evakuasi kebakaran ini wajib karena kami ingin melatih karyawan Kompas Gramedia dan tenan, beserta penghuni gedung bersama agar mereka terlatih dan semakin mahir serta jadi sebagai bahan evaluasi kita kalau seandainya peralatan kita dan alat pendukung evakuasi kebakaran itu minim," Jelas Suprianto, Pusdalsis Kompas Gramedia saat memimpin simulasi evakuasi kebakaran. 

Baca Juga: FKD KG Riau bersama Korem 031/WB Selenggarakan Vaksin Booster untuk Karyawan

Dalam hal ini, Suprianto juga menilai respon penghuni gedung - gedung di daerah lebih baik dibanding dengan yang ada di pusat.

Mengingat penghuni gedung di pusat lebih banyak dibanding daerah, Sehingga dalam pengendaliannya agak sulit dilakukan. 

Dirinya juga menjelaskan beberapa kekurangan dari gedung-gedung di daerah dengan untuk pengamanan khususnya dari kebakaran yang mungkin terjadi adalah minimnya instalasi hydrant dan peralatan pendukung lainnya.

Sementara itu Alvio satu diantara petugas pemadam kebakaran swasta yang ikut dalam simulasi ini juga berbagi tips agar rumah terhindar dari kebakaran , yaitu untuk menjaga standarisasi kabel - kabel di rumah sehingga tidak menyebabkan arus pendek pemicu dari kebakaran. 

"Kompor – kompor yang rawan itu mesti diperhatikan, terus usahakan barang - barang elektronik dan juga bahan - bahan seperti kompor gas dan lain – lain yang dapat menimbulkan api itu dimatikan sebelum keluar dari rumah”, terangnya. 

Pada kegiatan simulasi evakuasi kebakaran yang dilaksanakan, diperagakan atau diajarkan juga bagaimana cara untuk memadamkan api menggunakan karung basah sampai dengan alat pemadam api ringan. 

Selain itu juga dilakukan simulasi cara untuk keluar dari gedung dan mencari jalur evakuasi yang benar pada saat terjadi kebakaran.

Baca Juga: Kontribusi Kompas Gramedia dalam Rangka HUT ke-205 Kebun Raya Bogor melalui Donasi Buku

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.