KemenKopUKM Raih Tiga Penghargaan di Ajang BKN Award 2022

6 September 2022 20:00 WIB
Siaran pers dan foto : Humas Kementerian Koperasi dan UKM
Siaran pers dan foto : Humas Kementerian Koperasi dan UKM ( )

Sonora.ID - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berhasil meraih tiga penghargaan dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022 yakni kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT, Implementasi Manajemen ASN Terbaik, dan Special Mention Pilot Project SIASN.
 
"Ini merupakan tahun kedelapan sejak BKN Award diluncurkan pada 2015, dengan tujuan untuk memacu kinerja Kementerian/Lembaga/Daerah dalam melaksanakan implementasi manajemen ASN," kata Sekretaris KemenKopUKM Arif Rahman Hakim dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (6/9).
 
SesKemenKopUKM  Arif Rahman  Hakim menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan bagi instansi pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing.
 
Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN.
 
 
Adapun penilaian BKN Award 2022 dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik.
 
Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, Penilaian Kompetensi, Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem Informasi dan CAT. 
 
Ketiga, kategori spesial mention yakni Pilot Project SIASN dan Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.
 
"Dengan diraihnya tiga penghargaan tersebut, KemenKopUKM terus berkomitmen untuk meningkatkan Pengelolaan Manajemen ASN dan Pengembangan Sistem Manajemen ASN," ujar Arif.
 
Hal itu meliputi Penyusunan dan Penetapan Kebutuhan ASN, Pengadaan ASN, Pengangkatan ASN, Pangkat, Jabatan, Pola Karier, Pengembangan Karier ASN, Mutasi, Penilaian Kinerja, Penggajian, Tunjangan dan Fasilitas, Penghargaan, Disiplin, Cuti, Kode Etik, Pemberhentian, Jaminan Pensiun dan Hari Tua, serta Pensiun dan Perlindungan.
 
Baca Juga: KemenKopUKM Gandeng Dekranas Gelar Cerita Kriya Dorong Pengembangan UMKM Daerah

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan dalam acara penganugerahan yang diselenggarakan secara hybrid, pada Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2022 dengan tema “Birokrasi dan Manajemen ASN di Masa Depan”.

Rakornas menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya. Yakni, dari KemenPANRB, Bank BCA, Grab Indonesia, ESQ Leadership Center, dan PT Pegadaian Persero.
 
Para JPT Madya BKN juga memaparkan perspektif BKN dalam pelayanan kepegawaian.
 
Dalam kegiatan ini sejumlah materi menarik di sampaikan di antaranya Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, menyampaikan materi Tantangan Manajemen ASN di Masa Depan. Selanjutnya dari Bank Central Asia (BCA), terkait Tranformasi Digital dan Inovasi Teknologi dalam Layanan BCA.
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm