Serentak 12 Kota, Sonora Network Gelar CSR Peduli Stunting di Surabaya

8 September 2022 11:20 WIB
[Foto: budi] Radio Sonora Network melalui Sonora Surabaya (FM 98,0) saat menggelar kegiatan CSR “Sonora Peduli Stunting” di Rumah Aspirasi RW 9 Kelurahan Banyu Urip, Rabu (07/09/2022).
[Foto: budi] Radio Sonora Network melalui Sonora Surabaya (FM 98,0) saat menggelar kegiatan CSR “Sonora Peduli Stunting” di Rumah Aspirasi RW 9 Kelurahan Banyu Urip, Rabu (07/09/2022). ( )

Surabaya, Sonora.ID - Radio Sonora Network menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertajuk “Sonora Peduli Stunting” pada 12 Kota di Indonesia.

Kegiatan ini digelar dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke 50, secara serentak di 12 kota jaringan Sonora yakni Sonora Jakarta, Sonora Bangka, Sonora Medan, Sonora Palembang, Sonora Lampung, Sonora Bandung, Sonora Yogyakarta, Sonora Semarang, Sonora Surabaya, Sonora Purwokerto, Sonora, Pontianak dan Sonora Bali.

Kegiatan CSR yang dilakukan berupa pemberian edukasi kepada para calon pengantin mengenai pentingnya nutrisi untuk janin selama masa kehamilan triwulan pertama, pendistribusian nutrisi tambahan untuk ibu-ibu hamil dan menyusui serta makanan pendukung tumbuh kembang anak balita.

Direktur Radio Sonora, Viliny Lesmana menyatakan, target pemerintah dalam menurunkan angka stunting pada tahun 2024, tidak bisa dilakukan sendirian.

“Perlu kerjasama dan partisipasi dari semua pihak, terutama media massa dan pihak swasta untuk mencapai target penurunan angka stunting menjadi 14 persen  di tahun 2024, mengingat saat ini angka stunting Indonesia masih tinggi yaitu 24,4 persen,” ungkapnya.

Baca Juga: Program CSR 'Sonora Peduli Stunting' 15 Paket Nutrisi Diberikan Kepada 15 Ibu Hamil Di Kota Denpasar

Viliny Lesmana menambahkan, tingginya angka stunting menjadi keprihatinan bersama termasuk bagi Radio Sonora Network.

Apalagi, saat ini Indonesia membutuhkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu memenangkan persaingan global di kemudian hari.

Kegiatan CSR Sonora Peduli Stunting ini juga sekaligus merupakan wujud nyata peran Radio Sonora selama 50 tahun sebagai agen solidaritas dan kemanusiaan.

“Bagaimana kita bisa menciptakan generasi muda bangsa yang memiliki daya saing tinggi di kemudian hari, bila kita sudah “kalah” sejak awal. Untuk itu perlu kerjasama semua pihak agar bangsa kita bisa menciptakan generasi muda yang berkualitas, sehat dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga kita tidak ketinggalan dari bangsa lain,” tambahnya.

Sementara di kota Pahlawan, melalui Radio Sonora Surabaya (FM 98,0) turut serta menggelar kegiatan CSR “Sonora Peduli Stunting” di Rumah Aspirasi RW 9 Kelurahan Banyu Urip, Rabu (07/09/2022).

Baca Juga: Pemkab Bengkayang Siap Turunkan Angka Stunting

Station Manager (SM) Radio Sonora Surabaya, Friscilia Listia Dinasti menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini sekaligus menjadi momen untuk lebih mendekatkan radio Sonora dengan warga dan masyarakat sekitar.

"Ayo dengerin Radio Sonora ibu-ibu karena kami juga hadirkan program tentang kesehatan termasuk info seputar kesehatan seperti jadwal vaksin dan imunisasi bagi ibu dan anak setiap harinya," kata Didin panggilan akrab Friscilia Listia Dinasti saat memberikan sambutan di Rumah Aspirasi Kelurahan Banyu Urip Surabaya, Rabu (07/09/2022).

Kegiatan “Sonora Peduli Stunting” turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kelurahan Banyu Urip, Yulia Hanim S.Pd yang turut menjadi narasumber melalui live reportase di Radio Sonora Surabaya dihadapan warga yang hadir sesaat sebelum acara dimulai.

"Angka stunting di Kelurahan Banyu Urip Alhamdulillah sudah mengalami penurunan, dari awal bulan April (2022) itu kurang lebih 17 balita yang mengalami stunting. Alhamdulillah sekarang tinggal 8 hingga Agustus ini," kata Hanim, panggilan akrabnya saat live reportase bersama Sonora.

"Program program untuk penurunan stunting, kita memberikan sosialisasi pencegahan stunting kepada para orang tua terutama yang memiliki balita, melakukan kunjungan ke balita stunting dan memberikan bantuan berupa makanan sehat, bekerjasama dengan puskesmas untuk mengadakan  posyandu secara rutin untuk mengontrol berat badan balita," sambungnya.

Baca Juga: Program CSR 'Sonora Peduli Stunting' 15 Paket Nutrisi Diberikan Kepada 15 Ibu Hamil Di Kota Denpasar

"Karena ini momen yang sangat penting pada masa kehamilan, sebaiknya menyiapkan kondisi ibu hamil dan sebelum nikah. Karena 1.000 hari pertama sangat penting untuk perkembangan balita. Harapan saya di wilayah  Kelurahan Banyu Urip ini khususnya, angka stunting bisa nol. Bisa zero stunting. Ibu-ibu bisa memberikan makanan yang bergizi untuk anak-anak termasuk pola hidup sehat agar anak tumbuh sehat cerdas dan terhindar dari stunting," pungkasnya.

Kegiatan “Sonora Peduli Stunting” di acara ini dipandu langsung oleh penyiar Sonora Surabaya, Goorda Girlandia yang bertugas sebagai MC yang dihadiri oleh sekitar 25 ibu-ibu hamil. Acara juga dirangkai dengan tanya jawab dan games berhadiah.

Acara pada Rabu sore itu juga dihadiri oleh Pokja Perempuan dan Anak dari Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jawa Timur, Dra. Evy Handajani yang turut memberikan materi seputar ibu hamil dan pola asuh balita.

Usai mengikuti kegiatan ini, para ibu hamil turut berfoto bersama SM Radio Sonora Surabaya, Ketua TP PKK Kelurahan Banyu Urip dan Pokja Perempuan dan Anak dari BKKKS. Sekaligus Radio Sonora memberikan bingkisan berupa susu ibu hamil dan biskuit kepada undangan.

Selain Radio Sonora Surabaya, pada awal bulan September 2022, Radio Sonora Bali juga telah memulai kegiatan “Sonora Peduli Stunting” dengan memberikan nutrisi tambahan kepada ibu-ibu hamil dan menyusui melalui kerjasama dengan BKKBN Provinsi Bali dan Pemerintah Kota Denpasar, Bali.

Sementara, Radio Sonora Jakarta bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Kalideres Jakarta Barat melalui pemberian edukasi kepada calon pengantin dan tambahan nutrisi untuk ibu hamil serta makanan pendukung tumbuh kembang anak.

Baca Juga: Wagub Ria Norsan Sebut Perlu Sinergitas Stakeholder untuk Tekan Angka Stunting di Kalbar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.