Retno Marsudi: Indonesia dan Fiji Terus Tingkatkan Hubungan Kerjasama Perdagangan

8 September 2022 11:18 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ( Foto :diambil dari Akun Youtube MoFa Indonesia))

Fiji,Sonora.Id - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melakukan kunjungan Fiji dan Kepulauan Solomon yang berada di wilayah Pasifik pada 6-7 September kemarin. Dalam pertemuan tersebut ada beberapa kerjasama yang telah di sepakati.

Hal tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan resmi yang disiarkan melalui kanal youtube Kemenlu, Rabu (7/9/22)

"Indonesia dan Fiji sepakat terus mendorong dibentuknya Indonesia-Fiji Preferential Trade Agreement yang diyakini akan dapat lebih meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara. Beberapa kerja sama yang diperkuat dan akan disepakati dalam kunjungan ke Fiji, seperti di bidang pembangunan, pariwisata, dan pertahanan," kata Retno.

Dikesempatan yang sama Retno menegaskan bahwa Data terakhir, perdagangan bilateral Indonesia-Fiji dari Januari-Juni 2022 meningkat 44 persen dibanding periode waktu sama tahun lalu, dan sudah mencapai lebih dari USD20 juta.

Selama di Fiji, Menlu Retno telah bertemu dengan Presiden Fiji, Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Fiji, dan pelaksana tugas Sekjen Pacific Island Forum, yang mewakili Sekjen PIF saat kemarin tidak berada di Suva. Kedua negara pun juga menyambut baik tren perdagangan yang terus membaik.

Baca Juga: Diplomasi Kesehatan pada Tahun 2022 Jadi Salah Satu Prioritas Indonesia

Sementara di Kepulauan Salomon, Retno Marsudi bersama dengan Perdana Menteri Solomon Manasseh Sogavare telah meresmikan Friendship Hall atau lapangan futsal multiguna. Dimana Gedung tersebut merupakan hibah Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah dan Rakyat Solomon Islands.

Dikesempatan yang sama Indonesia dan Kepulauan Salomon pun juga berupaya terus memperkokoh kerjasama baik di bidang pembangjnan dan di bidang perubahan iklim dan perikanan. "Untuk mendukung kerja sama antar dua negara maka kita sudah menandatangani Perjanjian Bebas Visa bagi Pemegang Paspor Dinas dan Diplomatik," lanjut Retno.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan/ bahwa kunjungan Indonesia baiknitu ke Fiji maupjn ke Kepulauan Salomon adalah untuk menebalkan komitmen Indonesia memperkuat kerja sama dengan negara-negara Pasifik khususnya.

"Baik dalam kunjungan ke Fiji dan Kepulauan Solomon, saya sampaikan strategi Indonesia dalam membangun kemitraan dengan kawasan Pasifik secara komprehensif pada tataran bilateral, pada tataran kawasan maupun dalam forum global," tutup Retno.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.