5 Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian dan Ciri-cirinya, Materi Bahasa Indonesia

9 September 2022 15:35 WIB
5 Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian dan Ciri-cirinya (ilustrasi)
5 Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian dan Ciri-cirinya (ilustrasi) ( Freepik)

Sonora.ID - Ketahui inilah contoh paragraf deduktif lengkap dengan pengertian dan ciri-cirinya .

Paragraf adalah serangkaian kalimat yang saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan pokok pembahasan. Paragraf umumnya terdiri dari beberapa kalimat yang saling bertalian dengan mengusung sebuah gagasan tertentu.

Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf terbagi dalam beberapa jenis, yaitu:


Kali ini kita akan membahas mengenai contoh paragraf deduktif beserta pengertian dan ciri-cirinya seperti dilansir dari Gramedia.com.

Baca Juga: 28 Contoh Kalimat Imperatif Berdasarkan Jenisnya Lengkap

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah sebuah jenis paragraf yang ide atau gagasan pokoknya terletak di awal paragraf.

Paragraf jenis ini biasanya terdiri dari sebuah pernyataan umum dan kemudian dilanjutkan dengan kalimat yang bersifat sebagai penjelas.

Bisa disimpulkan jika paragraf deduktif dimulai dari sesuatu yang umum dan diakhiri dengan penjelasan secara khusus (pola umum-khusus).

Jika seseorang ingin menulis paragraf deduktif, maka harus menentukan kalimat gagasan atau pikiran utama terlebih dahulu.

Dengan begitu, pikiran utama ada di bagian awal paragraf bisa menjelaskan isi dari suatu paragraf.


Ciri-ciri Paragraf Deduktif

Untuk memahami tentang paragraf deduktif, ada beberapa ciri-ciri paragraf deduktif yang bisa dipahami antara lain:

  1. Gagasan utama atau kalimat utama pada sebuah paragraf berada di bagian awal paragraf
  2. Gagasan pendukung atau kalimat penjelas merupakan penjelasan atau uraian dari kalimat utama
  3. Kalimat utama mengandung pernyataan umum
  4. Paragraf memiliki pola umum - khusus - khusus - khusus

Baca Juga: 20 Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat, Materi Bahasa Indonesia


Contoh Paragraf Deduktif

1. Contoh Paragraf Deduktif: Tentang Brokoli

Brokoli termasuk sayuran dengan kandungan antioksidan tinggi sehingga cara memasaknya harus benar. Usahakan agar teksturnya matang, tetap jangan sampai mengurangi atau menghabiskan kandungan gizinya.

Sayuran ini lebih tepat dimasak jenis rebus setengah matang sebelum dikonsumsi. Segera tiriskan dan siram dengan air dingin agar tetap berwarna cantik dan bentuknya tidak hancur. Cara memotong brokoli juga harus benar yaitu mengikuti tangkainya. Selain mempengaruhi kesegaran, tangkai brokoli juga berfungsi sebagai hiasan untuk menambah selera makan.


2. Contoh Paragraf Deduktif: Tentang Pemilu

Pemilihan umum atau lebih dikenal dengan nama “Pemilu” yang diselenggarakan lima tahun sekali merupakan pesta demokrasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Bagi seluruh masyarakat Indonesia wajib untuk mengikuti Pemilu dan memakai hak suaranya untuk memilih pemimpin yang terbaik. Masyarakat tidak boleh menjadi seorang Golongan Putih (Golput) karena hal itu bukanlah suatu solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di Indonesia. Dengan mengikuti Pemilu, maka masyarakat Indonesia sudah ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi dan bisa menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang terbaik yang bisa memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia serta bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi. 

3. Contoh Paragraf Deduktif Tentang PJJ

Dikarenakan pandemi covid-19 yang belum berakhir hingga saat ini, maka para siswa harus melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah secara online atau dikenal dengan istilah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Para pelajar yang melakukan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi zoom untuk berkomunikasi dan mengisi absensi kelas. Selain itu, ada juga yang langsung memberikan penugasan kepada muridnya yang sudah diberikan waktu untuk pengumpulan tugas. Meskipun, para pelajar yang tidak bisa bertemu gurunya secara langsung atau tidak bisa melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), tetapi para pelajar tetap bisa mendapatkan ilmu.

4. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap untuk kesehatan tubuh. Di dalam bawang merah, terdapat kandungan seperti sodium, kalium, folat, vitamin A, C, E, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi kandungan baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi bawang merah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain menjaga kesehatan, siapa sangka bawang merah juga sangat ampuh mencegah berbagai penyakit, salah satunya penyakit kanker yang membahayakan tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang Italia dan Swiss yang sering mengonsumsi bawang merah memiliki risiko kanker lebih rendah.

5. Contoh Paragraf Deduktif Tentang Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Ada lebih dari 17.000 pulau di Indonesia, yang di antaranya ada 7.000 pulau yang berpenghuni. Sebagai negara kepulauan dengan wilayah terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia dan memberi keuntungan yang besar bagi Indonesia dalam hal perairan.

Baca Juga: 6 Contoh Teks Ceramah Singkat, tentang Pendidikan hingga Pergaulan Bebas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.