Benarkah Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad? Cek Fakta dan Penjelasannya!

12 September 2022 15:00 WIB
Benarkah Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad (ilustrasi)
Benarkah Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad (ilustrasi) ( AP via Kompas.com)

Sonora.ID - Belakangan ini rumor terkait kebenaran bahwa Ratu Elizabeth II keturunan Nabi Muhammad SAW kembali mencuat setelah kematian sang Ratu pada Sabtu (8/9/2022) sore waktu setempat.

Rumor ini sebenarnya bukan pertama kali muncul di publik. Beberapa tahun lalu, rumor serupa juga pernah menjadi sorotan.

Diketahui rumor bermula dari klaim sejumlah sejarawan yang percaya bahwa pemimpin kerajaan Inggris selama 70 tahun lamanya itu adalah keturunan Nabi Muhammad SAW setelah ditelusuri silsilah keluarganya hingga ke 43 generasi sebelumnya.

Klaim tersebut pun menjelaskan bahwa Ratu Elizabeth II memiliki nenek moyang jauh yang masih berasal dari keturunan Nabi Muhammad SAW.

Lantas benarkah Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Gelar Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Berubah Usai Kematian Ratu Elizabeth II, Ini Daftarnya

Temuan Bukti Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad

Dilansir Dailymail, temuan ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1986 oleh Burke's Peerage, Otoritas Inggris yang bertugas menangani silsilah keluarga kerajaan Inggris.

Silsilah ini menghebohkan publik setelah sebuah surat kabar Maroko mengatakan telah menelusuri garis keturunan Ratu hingga Nabi.

Meskipun diperdebatkan oleh beberapa sejarawan, catatan silsilah Spanyol awal abad pertengahan juga mendukung klaim tersebut. Klaim semakin diperkuat setelah diverifikasi oleh Ali Gomaa, mantan mufti besar Mesir.

Ratu Elizabeth II disebut memiliki keturunan ibu muslim bernama Zaida, yang melarikan diri dari kota kelahirannya di Sevilla pada abad ke-11 sebelum pindah menjadi pemeluk Kristen.

Menurut My London, Zaida diyakini sebagai bagian dari Dinasti Abbadid yang berkuasa, yang didirikan pada 1023 oleh Abu al-Qasim Muhammad ibn Abbad, seorang keturunan Nabi Muhammad.

Zaida disebut telah masuk Kristen setelah diduga menjadi selir Raja Alfonso VI dari Kastilia dan bersama-sama mereka memiliki seorang putra bernama Sancho.

Menurut The Economist, dikatakan bahwa keturunan Zaida kemudian menikah dengan Earl of Cambridge - leluhur langsung Ratu.

Baca Juga: Luar Biasa! Segini Kekayaan Raja Charles III dari Warisan Ratu Elizabeth II, Nominalnya Hingga Rp 7,42 Triliun!

Kebenarannya Masih Dipertanyakan

Klaim ini kemudian diperdebatkan kembali oleh Majalah Inggris, The Spectator. Majalah ini memuat asal usul Zaida yang penuh perdebatan.

Beberapa sejarawan percaya dia adalah putri seorang khalifah keturunan Nabi Muhammad SAW. Namun banyak pihak yang masih sanksi dengan temuan ini.

Reaksi terhadap kebenaran apakah Ratu Elizabeth II merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW pun berbeda-beda.

Penulis Abdelhamid Al-Aouni, yang menulis artikel di Maroko, menyatakan: "Temuan ini membangun jembatan antara dua agama dan kerajaan kita".

Hingga saat ini belum ada klaim yang bisa benar-benar membuktikan benarkah Ratu Elizabeth II keturunan Nabi Muhammad SAW.

Sebagai gambaran berikut silsilah keluarga yang menjadikan dasar sejumlah sejarawan menyebut Ratu Elizabeth II adalah keturunan Nabi Muhammad:

Silsilah keturunan Ratu Elizabeth II yang diklaim merupakan keturunan Nabi Muhammad

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm