9 Fakta Unik Ratu Elizabeth II, Salah Satunya Ulang Tahun 2 Kali Setahun, Kok Bisa?

12 September 2022 22:00 WIB
 Fakta Unik Ratu Elizabeth II (ilustrasi)
Fakta Unik Ratu Elizabeth II (ilustrasi) ( AP Photo )

Sonora.ID - Kematian Ratu Elizabeth II masih menyisakan duka bagi warga Inggris hingga publik internasional. Sosoknya dikenang sebagai pemegang tahta terlama dalam sejarah kerajaan Inggris, yaitu 70 tahun.

Ratu Elizabeth II merupakan putri pertama dari Duke dan Duchess of York yang lahir pada 21 April 1926 pukul 02.40 di London.

Di usia 25 tahun, Elizabeth naik tahta menjadi Ratu Inggris dan empat belas negara persemakmuran lainnya.

Ratu Elizabeth II tutup usia pada Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat.

Di balik nama besarnya, ada beberapa fakta unik yang jarang diketahui oleh publik tentang sosok Ratu Elizabeth II.

Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Benarkah Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad? Cek Fakta dan Penjelasannya!

1. Ulang Tahun 2 Kali Setahun

Dilansir History.co.uk, salah satu fakta unik dari Ratu Elizabeth II adalah sosoknya yang berulang tahun 2 kali dalam satu tahun.

Diketahui Ratu lahir pada tanggal 21 April. Namun ulang tahunnya secara resmi dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 11 Juni.

Sebenarnya Ratu Elizabeth II bukan bangsawan pertama yang berulang tahun dua kali.

Tradisi merayakan ulang tahun ini sudah ada sejak Raja George II. Lahir di bulan November yang biasanya basah dan suram, George II memilih untuk mengikat perayaan ulang tahunnya pada tahun 1749 dengan parade Pasukan Warna pada bulan Juni, ketika cuaca biasanya lebih baik.

Sejak saat itu, setiap raja atau pemimpin yang ulang tahunnya jatuh pada bulan-bulan yang lebih dingin atau basah akan memilih untuk merayakan ulang tahunnya di hari berbeda dengan parade musim panas.

2. Pernah Jadi Anggota Militer dan Sopir

Ratu Elizabeth II menjadi wanita pertama dari keluarga kerajaan yang menjadi anggota militer aktif.

Dulu Elizabeth bertugas selama Perang Dunia II sebagai mekanik kendaraan.

Karena tugasnya itu, dia diharuskan mengemudi kendaraan militer, termasuk truk dan mobil.

3. Tidak Punya SIM dan Paspor

Fakta unik lainnya dari Ratu Elizabeth II adalah dia adalah satu-satunya orang di Inggris yang diizinkan mengemudikan mobil tanpa lisensi.

Dia juga tidak memiliki paspor.


4. Selalu membawa handbag dan punya kode rahasia dengan tasnya

Dikenal karena selera fashionnya, Ratu Elizabeth II tak pernah terlihat lupa membawa handbag di tangannya.

Tas ini bukan sekedar penunjang penampilan semata. Ratu Elizabeth II menggunakan tas miliknya sebagai ‘kode’ komunikasi antara dia dan stafnya.

Penempatan tas memiliki arti dan makna khusus. Jika Ratu meletakkan handbag di atas meja, hal itu menandakan bahwa dia ingin meninggalkan sebuah acara dalam lima menit ke depan.

Sementara jika meletakkannya di lantai menandakan bahwa dia perlu menyelamatkan diri dari percakapan yang membosankan atau canggung secepatnya.

Baca Juga: Gelar Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Berubah Usai Kematian Ratu Elizabeth II, Ini Daftarnya

 
5. Kaya Tapi Bukan yang Terkaya di Inggris

Ratu menerima sejumlah uang dari pembayar pajak dan lebih banyak lagi dari kepemilikan real estat pribadi keluarga kerajaan.

Forbes memperkirakan pada 2019 bahwa dia menerima sekitar $ 500 juta. Itu mungkin terdengar banyak, tetapi Ratu sama sekali bukan orang terkaya di Inggris.

6. Bisa Minum Segelas Sampanye Setiap Malam Sebelum Tidur

Fakta unik lainnya dari Ratu Elizabeth II adalah dia memiliki kebiasaan minum segelas sampanye setiap malam sebelum tidur.

Menurut The Independent, Margaret Rhodes, sepupu Ratu, pernah mengatakan bahwa Ratu memiliki aturan ketat untuk asupan alkoholnya.

Dia dilaporkan mengambil "gin dan Dubonnet sebelum makan siang, dengan sepotong lemon dan banyak es, kemudian minum anggur saat makan siang, dan martini kering dan segelas sampanye di malam hari,”,

Namun pada Oktober 2021, Vanity Fair melaporkan bahwa Ratu Elizabeth II telah disarankan dokter untuk berhenti minum alkohol setiap hari dan menggantinya dengan air putih atau jus buah.

7. Pakai Kutek yang Sama Sejak 1989 dan Harganya Murah

Ratu Elizabeth II dilaporkan selalu memakai kutek yang sama sejak 1989. Menariknya kutek tersebut ternyata sangat murah. Kutek dari Essie tersebut dijual seharga $7.

Baca Juga: Perbedaan Inggris, Inggris Raya dan Britania Raya, Jangan Sampai Keliru Lagi!



8. Bisa meniru suara pendaratan pesawat Concorde

Sumber dari lingkaran dalam Kerajaan menyebut fakta unik dari Ratu Elizabeth II. Dia disebut-sebut memiliki selera humor yang tinggi dan bakat untuk meniru.

Menurut Associated Press, pendeta Ratu Uskup Michael Mann pernah berkata bahwa "Ratu yang meniru pendaratan pesawat Concorde adalah salah satu hal terlucu yang bisa Anda lihat."

9. Punya boneka barbie versi dirinya

Boneka barbie karakter Ratu Elizabeth II

Untuk merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth dan perayaan 70 tahun berkuasa, Barbie merilis boneka kerajaan yang dibuat dalam gambar Ratu Elizabeth.

"Ratu adalah tambahan yang sempurna untuk Koleksi Tribut Barbie, dimaksudkan untuk menghormati wanita yang kontribusinya memiliki dampak besar. Kami bangga merayakan tonggak sejarahnya dan mendorong anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang warisannya," kata Lisa McKnight, EVP Mattel dan kepala global boneka Barbie dalam sebuah pernyataan seperti dikutip USA Today.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.