Kick Off Gernas BBI Kalbar 2022, Bangun UMKM Kalbar Go Global

16 September 2022 19:30 WIB
Kick off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat bertemakan #CorakCorakKalbar “Membangun UMKM Kalbar Go Global”, di Pontianak pada Kamis (15/9).
Kick off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat bertemakan #CorakCorakKalbar “Membangun UMKM Kalbar Go Global”, di Pontianak pada Kamis (15/9). ( Humas PLN)

Pontianak, Sonora.ID - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bersinergi dengan Kementerian BUMN melaksanakan kick off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Barat bertemakan #CorakCorakKalbar “Membangun UMKM Kalbar Go Global”, di Pontianak pada Kamis (15/9).

Gernas BBI merupakan program Pemerintah yang bertujuan mendorong UMKM lokal agar lebih maju. Program ini awalnya diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020.

Pemerintah khususnya bersama BUMN berkomitmen untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem UMKM berbasis digital, memperluas akses pembiayaan UMKM dari hulu ke hilir, melakukan pembinaan dan pendampingan UMKM, serta meningkatkan literasi dan inklusi keuangan UMKM.

Inisiatif Gernas BBI diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian target jumlah UMKM Indonesia yang go digital menjadi 30 juta pada tahun 2024, meningkatkan permintaan produk UMKM yang akan mendorong peningkatan kelas UMKM, serta menciptakan multiplier effect berupa pertumbuhan ekonomi.

Gernas BBI Kalbar dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Kementerian BUMN, instansi yang berada di wilayah kerja Provinsi Kalimantan Barat seperti Bank Indonesia, OJK, Dekranasda serta Kementerian/Lembaga lainnya maupun mitra kolaborasi dari 25 BUMN di Kalimantan Barat dan 11 top brands. 

Dalam acara tersebut juga dihadiri pengurus 7 Rumah BUMN di Kalimantan Barat yang dikelola oleh 6 BUMN (BNI, BRI, Mandiri, Telkom Indonesia, Pertamina, dan PLN) dan UMKM Kalimantan Barat.

Rangkaian kegiatan kick off Gernas BBI #CorakCorakKalbar diisi dengan virtual expo, business matching, pameran produk UMKM yang telah lolos kurasi Bank Indonesia Kalbar, serta berbagai pelatihan terhadap pelaku UMKM yang berlangsung sejak September hingga Desember 2022. 

Adapun kegiatan Business Matching telah mempertemukan BUMN dengan UMKM di Kalbar dengan mencatatkan total transaksi sebesar Rp 4,3 miliar yang dilakukan melalui platform Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM).

Sedangkan, pameran yang dilakukan oleh 25 UMKM hasil kurasi dari Bank Indonesia Kalbar yang hadir dalam acara tersebut, dimaksudkan untuk mempromosikan dan meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk UMKM dengan menggunakan platform belanja virtual expo pavilion Gernas Bangga Buatan Indonesia.

Baca Juga: Dampak Kenaikan BBM terhadap Pelaku UMKM Kuliner Pempek

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.