Unik Banget! Kafe Jamu di Sukoharjo Suguhkan Menu Jamu Latte

21 September 2022 20:00 WIB
Kafe Jamu Sukoharjo yang berada salah satu kios di Pasar Jamu Nguter
Kafe Jamu Sukoharjo yang berada salah satu kios di Pasar Jamu Nguter ( Tribun Jogja)

Sukoharjo, Sonora.ID - Sampai saat ini jamu memang masih identik dengan orang tua.

Namun, di Kabupaten Sukoharjo ada cara lain sehingga jamu menjadi kekinian.

Lokasinya ada di Kafe Jamu Sukoharjo yang berada salah satu kios di Pasar Jamu Nguter.

Di sana, sejumlah minuman jamu disajikan dengan cara berbeda. Ada jamu yang dicampur dengan susu dan kopi layaknya latte, dan ada juga jamu yang dicampur dengan soda hingga jamu yang dikombinasikan dengan air kelapa.

Baca Juga: Tips dan Triks Membuat Kopi ala Kafe di Rumah Tanpa Mesin

Tujuan utamanya yakni menarik kawula muda agar mau meneruskan tradisi minum jamu. 

Terlebih, Sukoharjo merupakan salah satu daerah terbesar penghasil jamu. Muhammad Tri Hartoyo, Salah satu karyawan disana, mengatakan setidaknya ada 16 varian menu jamu yang disajikan secara modern.

"Ada sekitar 16 minuman, jamu yang digunakan secara umum ada kunyit asam, beras kencur, jahe, ada yang dicampur dengan kopi susu juga," ujarnya, Selasa (20/9/2022).

Menurut Tri, rasa jamu yang dicampur dengan komponen lain yang tak biasa itu juga berhasil.

Artinya, rasanya juga menyatu layaknya minuman yang umum dijual di Coffee Shop.

Baca Juga: Gak Cuma Healing, Nongkrong di Kafe dengan Suasana Asri di Malang ini Bisa Bikin Kenyang, Banyak Menu Makanan Beratnya

Suasana di Kafe Jamu tersebut juga sangat nyaman, ruangan luas dan ber-AC benar-benar menghadirkan sensasi berbeda dalam meminum jamu.

"Alhamdulillah juga berhasil, ada anak-anak muda yang penasaran dan mencoba," katanya. 

Dirinya mengungkapkan bahwa café tersebut dibawah pengelolaan Koperasi Jamu Indonesia (Kojai) Sukoharjo sehingga jamu siap saji di sana mengambil dari produsen-produsen jamu di Sukoharjo.

"Buka setiap hari mulai jam 08.00 sampai jam 16.00, disini pakai jamu siap saji produk-produk Sukoharjo," jelasnya.

Harga yang ditawarkan sama seperti kalian membayar seharga satu cup kopi, sudah bisa mendapatkan minuman sehat yang penyajiannya sudah naik kelas.

Menurut Amad, menu yang paling laris dan menjadi favorit para pelanggan yakni Ginger Chocolate atau coklat jahe spesial, Kunyit asam, dan beras kencur susu.

"Pengunjung biasa anak muda, kadang juga ada yang dari luar kota karena mungkin penasaran ya. Komentarnya katanya inovatif karena jamu disajikan dengan cara seperti ini," pungkasnya.

Baca Juga: Gak Cuma Healing, Nongkrong di Kafe dengan Suasana Asri di Malang ini Bisa Bikin Kenyang, Banyak Menu Makanan Beratnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.