Rayakan HUT ke-40, Bentara Budaya Luncurkan Podcast dan Laboratorium NFT: Ruang Informasi Seni Budaya Masa Kini

27 September 2022 11:15 WIB
Bentara Budaya merayakan hari ulang tahunnya yang ke-40 tahun dengan menggelar syukuran, pada Senin malam (26/09/2022).
Bentara Budaya merayakan hari ulang tahunnya yang ke-40 tahun dengan menggelar syukuran, pada Senin malam (26/09/2022). ( Dok. Sonora Jakarta/Stefani Windi)

Sonora.ID - Bentara Budaya merayakan hari ulang tahunnya yang ke-40 tahun dengan menggelar syukuran, pada Senin malam (26/09/2022).

Acara yang bertajuk "Bentara untuk Indonesia" ini digelar di dua tempat sekaligus yakni Bantara Budaya Jakarta (BBJ) dan Bentara Budaya Yogyakarta (BBY) yang digelar secara hybrid.
 
"Patut disyukuri Bentara Budaya yang berdiri 26 September 1982 dapat bertahan sampai sekarang. Ke depan Bentara Budaya terus berkomitmen menjadi hub atau ruang pertemuan bagi beragam ekspresi seni budaya Nusantara. Keberagaman ini selaras dengan semangat pendirian Indonesia sebagai rumah besar bagi semua kelompok masyarakat," kata General Manager Bentara Budaya & Communication Management Kompas Gramedia, Ilham Khoiri.
 
Nama Bentara Budaya berarti "Utusan Budaya". Sebagai utusan budaya, lembaga kebudayaan Kompas Gramedia ini terus dijaga agar menjadi semacam "hub" atau rumah besar bagi perkembangan seni budaya nusantara yang majemuk, mencakup seni tradisi ataupun kreasi baru sesuai perkembangan zaman.
 
Selain itu, Ilham mengatakan, pada malam syukuran ini, Bentara Budaya juga sekaligus meluncurkan dua program baru yang lekat dengan dunia masa kini, yaitu "Podcast Bentara Budaya" dan "Laboratorium NFT Bentara Budaya". 
 
Baca Juga: HUT ke-40, Bentara Budaya Gelar Pameran Fotografi Memoar Orang-Orang Singkawang dan Webinar

"Inovasi ini menandai semangat Bentara untuk terus hadir sebagai panggung budaya Nusantara yang relevan lintas zaman maupun generasi. Podcast ini ditayangkan di kanal YouTube Bentara Budaya menjadi ruang bagi seniman Indonesia untuk berbagi gagasan dan proses kerja kreatifnya," tambahnya.

Sementara itu, Laboratorium NFT Bentara Budaya diarahkan sebagai ruang belajar bersama bagi para seniman maupun masyarakat dalam mengembangkan kreasi seni digital. 
 
"Berkolaborasi dengan Kognisi "task force" pendidikan inklusif di Kompas Gramedia, Bentara merilis karakter Kogi (berbentuk boneka alien yang imut dan cerdas) yang mengenakan dekorasi wayang Gatot Kaca," tuturnya.
 
Ilham mengatakan, proyek ini diharapkan dapat memperluas medan seni rupa di ruang-ruang baru berbasis teknologi informasi masa kini. 
 
Sementara itu, lanjutnya, sebagai wujud apresiasi kepada para seniman yang telah berdedikasi mengembangkan budaya Nusantara, Bentara Budaya memberikan penghargaan kepada empat seniman terpilih dari berbagai daerah.
 
"Keempat seniman tersebut adalah Serang Dakko sang Maestro Gendang dari Gowa Sulawesi Selatan, Sahilin sang Maestro Seni Batanghari Sembilan asal Palembang Sumatera Selatan, Ong Hari Wahyu sang Pegiat Seni Organik dari Yogyakarta, dan Warsad Darya sang Pelestari Wayang Golek Cepak Indramayu Jawa Barat," ucapnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.