Ketika Luhut Turun Tangan: Program Kompor Listrik Batal, Tidak Ingin Buru-buru

28 September 2022 12:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan ( Instagram @luhut.pandjaitan)

Sonora.ID - Perhatian emak-emak se-Indonesia belakangan ini sedang fokus pada wacana atau rencana yang menyebutkan bahwa pemerintah akan memberikan kompor listrik gratis sebagai langkah lanjutan dari subsidi gas LPG 3 kg.

Bahkan disebutkan sebelumnya bahwa pemerintah akan membagikan kompor listrik dengan harga Rp 1,8 juta.

Hal ini mendapatkan sorotan yang luar biasa, karena penggunaan kompor listrik bisa jadi tidak akan berujung pada penghematan energi karena listrik yang digunakan pun akan bertambah dengan perubahan tersebut.

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pun akhirnya turun tangan dengan adanya rencana kebijakan ini.

Seperti dikutip dari Kompas.com, PLN pun akhirnya membatalkan program konversi kompor gas ke kompor listrik.

Luhut menegaskan bahwa pemerintah tidak ingin terburu-buru untuk kebijakan yang melibatkan banyak masyarakat seperti yang satu ini, termasuk juga terburu-buru dalam mengambil kebijakan yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Resmi! PLN Batalkan Program Konversi Kompor Elpiji ke Kompor Listrik

Luhut yakin PLN sudah mempertimbangkan dengan matang saat membatalkan program kompor listrik ini.

“Jadi kita tidak ingin buru-buru, yang nanti kemudian bermasalah ya. Saya belum update mengenai itu, mungkin saja ada sesuatu yang ditemukan sehingga menunda,” ungkap Luhut memaparkan kebijakan PLN untuk membatalkan hal ini.

Sebelumnya, salah satu anggota DPR RI, Mulan Jameela juga menjadi sorotan karena memberikan pandangannya terkait rencana perpindahan ke kompor listrik ini.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo sebelumnya menyebutkan bahwa pihaknya membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik.

Alasan yang disebutkan adalah agar kondisi masyarakat yang baru pulih dari pandemi Covid-19 tidak terganggu dengan belum stabilnya kondisi saat ini.

“PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal,” ungkapnya tegas dalam siaran pers Selasa yang lalu.

Baca Juga: Laksanakan Arahan Pemerintah, PLN Fokus Uji Coba Kompor Listrik

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.