Dubes RRT: Cai Tao dan Hu Chun adalah Duta Persahabatan Indonesia dan Tiongkok

30 September 2022 12:12 WIB
Dalam rangka memperingati Perjalanan 5 Tahun Konservasi Panda di Indonesia, Dubes RRT untuk Indonesia (memegang alat penyiram warna hijau) secara simbolik melakukan penyiraman pada 30 bibit bunga Edelweis yang nantinya akan ditanam disekitar Istana Panda, TSI Bogor.
Dalam rangka memperingati Perjalanan 5 Tahun Konservasi Panda di Indonesia, Dubes RRT untuk Indonesia (memegang alat penyiram warna hijau) secara simbolik melakukan penyiraman pada 30 bibit bunga Edelweis yang nantinya akan ditanam disekitar Istana Panda, TSI Bogor. ( )

Bogor, Sonora.Id - Tepat di tahun 2022 ini, Indonesia patut berbangga karena perjalanan konservatif Panda, kerjasama Tiongkok dengan Indonesia menginjak usia tahun ke-5. Sejak pertama kali didatangkan ke Indonesia, kini sepasang Giant Panda bernama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) bertumbuh besar dan sehat di rumah tinggalnya sekarang, Taman Safari Indonesia (TSI), Bogor. Kehadiran kedua Panda tersebut juga membawa sukacita bagi masyarakat Indonesia.

Duta Besar RRT untuk Indonesia, Liu Kang dalam kesempatannya menghadiri acara peringatan 5 Tahun Program Konservasi Panda di TSI, Bogor (Senin/26/8/2022), mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Indonesia terkhususnya melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Taman Safari Indonesia dan juga semua yang teribat atas dukunganan besar akan kerjasama konervasi Giant Panda.

Panda selain menggemaskan dan gemar menyantap bambu rupanya juga menjadi simbol hubungan diplomatik yakni antara Indonesia dengan Tiongkok. Bagi Lu Kang, dengan program konservasi ini tidak hanya menjadikan panda sebagai satwa endemik asli Tiongkok tetapi juga sebagai wujud persahabatan dan kerjasama dalam banyak aspek.

Baca Juga: Wacana TSTJ menjadi Taman Safari, Investor sudah Bertemu Gibran

“Sebagai harta nasional dan fosil hidup Tiongkok, Giant Panda selalu dikenal sebagai sebagai ‘duta persahabatan’ Tiongkok. Cai Tao dan Hu Chun datang ke Indonesia melintasi jarak jauh, telah membawa persahabatan yang mendalam rakyat Tiongkok kepada rakyat Indonesia, membangun jembabatan baru pertukaran persahabatan antara kedua negara di bidang ekonomi, sosial, budaya dan peradaban ekologis lebih mendalam, memasukan energi baru ke dalam pengembangan hubungan bilateral Tiongkok dan Indonesia.” ujar Lu Kang.

Lebih lanjut, Lu Kang berharap dimasa depan, Tiongkok dan Indonesia semakin meningkatkan  kerjasama dalam program konservasi Giant Panda.

“Tiongkok dan Indonesia semakin memperkuat kerjasama penelitian konservasi giant panda, mendorong perlindungan spesies panda, pengobatan penyakit dan penelitian pemuliaan, berbagi habitat dan budaya panda serta bersama-sama memberikan kontribusi dalam perlindungan panda bahkan perlinddungan keanekaragaman hayati bumi.” katanya.

Sebagai informasi tambahan, acara dalam rangka memperingati Perjalanan 5 Tahun Program Kerjasama Konservasi Giant Panda di Taman Safari diadakan di Gedung Utama, Istana Panda TSI, Bogor. Dalam acara ini terdapat dua agenda utama, yaitu: (1) Penyerahan bibit bunga Edelweis oleh TN. Gunung Pangrango kepada Dubes RRT dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan (2) Penyerahan Penghargaan kepada Dubes RRT dan Kantor Menteri Lingkungan Hidup.

Hadir dalam acara tersebut antara lain, Dubes RRT untuk Indonesia, Lu Kang; Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem KLHK,Indra Exploitasia; Dirut TSI, Jansen Manangseng dan para tamu undangan lainnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.