Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kalsel Bentuk Kelas Pemilu 

3 Oktober 2022 10:21 WIB
TPS 09 Basirih Selatan Gunakan Fasilitas Pendidikan, Warga Sudah Terbiasa Sejak Lama
TPS 09 Basirih Selatan Gunakan Fasilitas Pendidikan, Warga Sudah Terbiasa Sejak Lama ( Smart FM / Jumahuddin)

Banjarmasin,Sonora.ID - KPU Provinsi Kalimantan Selatan membentuk sejumlah kelas untuk memaksimalkan pendidikan pemilu kepada para pemilih. Hal itu ditujukan guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 mendatang, baik untuk Pileg, Pilpres maupun Pilkada.

“Ada empat kelas yang dibentuk, yakni Kelas Da’i Pemilu, Pesantren Pemilu, Pelajar Pemilu dan RT Pemilu yang telah dilakukan. Baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” tuturnya kepada awak media, baru-baru ini.

Kelas tersebut dibentuk untuk memaksimalkan partisipasi pemilih di Kalimantan Selatan, terutama para pemilih muda.

Pada kelas-kelas itu, penguatan materi tentang pemilu akan diberikan kepada peserta, yang diharapkan akan lebih memahami segala hal yang berkaitan dengan gelaran pemilihan umum yang akan datang.

Ia juga mengakui jika sasaran utama kelas tersebut adalah para pemilih yang berusia 17 tahun atau baru memiliki hak pilih.

Baca Juga: Jembatan Sulawesi II Dijanjikan Lebih Landai, Progres Diatas 50 persen

Mengingat, pemilih pada rentang usia tersebut belum memiliki pengalaman dan harus diberikan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya memberikan suara mereka dalam pemilu.

“Tak hanya soal hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan hak pilih saja, tapi juga menumbuhkan kesadaran sejak dini bahwa proses demokrasi lewat pemilu penting bagi keberlangsungan jalannya pemerintahan,” tambah Edy lagi.

Edy menambahkan, sosialisasi pemilih tak hanya difokuskan di ibu kota provinsi atau kabupaten/kota saja, melainkan juga ke daerah-daerah pelosok yang akses teknologi informasinya terbatas lewat program Kemah Pemilu.

“Jadi, kami selaku petugas KPU yang menyambangi warga untuk memberikan edukasi pemilu guna memastikan informasi sampai kepada mereka yang ada di pelosok,” pungkasnya.

Lewat upaya tersebut, pihaknya optimis partisipasi pemilih pada pemilu yang akan datang dapat meningkat, seperti tren peningkatan yang terjadi sejak Pemilu 2014 yang mencapai 79 persen dan Pemilu 2019 yang mencapai 80 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Baca artikel Sonora.ID lainnya di Google News.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.