Bersama PLN UIP KLB dan TANAGUPA, Wakil Bupati Kayong Utara Resmikan Rumah Kopi

2 November 2022 11:55 WIB
Penyerahan Plakat dari PLN kepada Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad. Didampingi Kepala Balai Tanagupa dan Kepala Desa Gunung Sembilan
Penyerahan Plakat dari PLN kepada Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad. Didampingi Kepala Balai Tanagupa dan Kepala Desa Gunung Sembilan ( Sumber foto: PLN UIP KLB )

Kayong Utara, Sonora.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) turut serta dalam peresmian Rumah Kopi Paguyuban Petani Kopi Sukadana (PA’KOSU) yang telah menerima bantuan program PLN Peduli berupa peralatan produksi dan pelatihan.

 Peresmian yang dilaksanakan di Desa Gunung Sembilan, Kecamatan Sukadan, Kabupaten Kayong Utara, turut dihadiri oleh Balai Taman Nasional Gunung Palung (TANAGUPA) dan Wakil Bupati Kayong Utara. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti. (30/10)

“Hari ini kita meresmikan Rumah Kopi melalui penandatanganan prasasti bersama dengan PLN, Kepala Balai, dan Kepala Desa Gunung Sembilan. Kami berharap rumah kopi ini akan menginspirasi mayarakat sekitar dan dapat menambah nilai ekonomi dari produk kopi ini sekaligus juga meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Effendi Ahmad, Wakil Bupati Kayong Utara.

Lebih lanjut Effendi menyampaikan kebanggaannya terhadap kopi yang dihasilkan oleh paguyuban.

“Pada saat ini, kopi hasil dari PA’KOSU yaitu kopi jenis liberica dan kopi Gunung Palung jenis robusta sedang dalam perjalanan bersama dengan Bupati menuju Turki. Saya berharap Kabupaten Kayong Utara ini menjadi produsen kopi terbesar di Kalimantan Barat,” imbuhnya.

Baca Juga: Niyah Nurniyati Nahkodai KPAD Kota Pontianak 2022 - 2026, Wali Kota Minta Bekerja Frofesional

Kepala Desa Gunung Sembilan, Ediansyah mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Balai TANAGUPA dan juga PLN UIP KLB yang selama ini sudah membantu kami khususnya kepada Paguyuban Petani Kopi Sukadana. Alhamdullilah berkat kerja sama ini, kami mendapatkan bantuan mesin produksi kopi yang diberikan oleh pihak PLN UIP KLB. Kami merasa sangat terbantu sekali, sebelumnya biasanya kami melakukan produksi secara manual, namun setelah ada bantuan ini kami bisa melakukan kegiatan produksi dengan lebih mudah,” jelasnya.

Manajer Komunikasi dan Perizinan, Ade Putera Hasian menyatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh PLN tidak hanya berupa barang tetapi juga pemberian bekal keterampilan pengolahan kopi melalui pelatihan-pelatihan.

“Bantuan ini dimulai dari kolaborasi kita bersama Balai TANAGUPA dengan Desa Gunung Sembilan dengan pemberian berbagai mesin mulai dari mesin pengupasan sampai dengan packaging, kemudian kita sudah melaksanakan juga berbagai pelatihan yang dapat menunjang kegiatan produksi kopi. Kami berharap melalui bantuan PLN Peduli ini masyarakat Paguyuban Kopi dan masyarakat sekitar dapat lebih sejahtera dan maju,” ujarnya.

Sebelumnya, bantuan mesin pasca produksi yang telah PLN salurkan antara lain satu unit mesin pemisah kulit luar kopi (pulper), satu unit mesin pemisah kulit cangkang (huller), satu unit mesin penyortir biji kopi (grader), satu unit mesin sangrai kopi (roaster), satu unit pengolah biji kopi menjadi bubuk (grinder), satu unit mesin (packaging) dan satu unit mesin pengayak kopi kepada paguyuban.

Baca Juga: KPAD Pontianak Dikukuhkan, Wali Kota Minta Bekerja Profesional

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.