4 Contoh Teks Persuasi Pendidikan: Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

4 November 2022 13:25 WIB
4 Contoh Teks Persuasi Pendidikan: Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP
4 Contoh Teks Persuasi Pendidikan: Materi Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP ( pixabay)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja contoh teks persuasi pendidikan, yang merupakan salah satu materi bahasa Indonesia kelas 8 SMP.

Dikutip dari buku yang berjudul Argumentasi dan Narasi (2006) karya Gorys Keraf, persuasi adalah suatu seni verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh pembicara (bentuk tulisan, cetakan, elektronik) pada waktu sekarang atau pada waktu yang akan datang.

Sedangkan yang dimaksud dengan teks persuasi yang dikutip dari kompas.com, adalah karangan yang berisi ajakan untuk meyakinkan pembaca agar mengikuti anjuran atau ajakan si penulis.

Biasanya contoh teks persuasi banyak kita temukan diberbagai macam media, seperti televisi, radio, media cetak, dan media online. Salah satu tema yang sering digunakan dalam teks persuasi adalah tema pendidikan.

Baca Juga: Ini Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Lantas apa saja contoh teks persuasi pendidikan tersebut? Dilansir dari kompas.com, simak ulasannya berikut ini:

  1. Contoh Teks Persuasi Tema “Ayo Kembangkan Prestasi”

Persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Ayo kita berlomba-lomba meningkatkan prestasi.

Prestasi akademik tentu baik. Namun prestasi tidak dibatasi hanya dari nilai dalam raport saja. Kita bisa berprestasi di bidang olahraga, kesenian, sastra, dan teknologi. Tidak perlu kecil hati karena setiap pelajar memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kelebihan kita.

Maka dari itu, ayo kembangkan prestasimu. Ikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati. Bergabung dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat menunjang prestasimu. Mari meraih masa depan dengan persaingan yang sehat.

Baca Juga: 6 Contoh Teks Eksplanasi Tentang Covid-19 Beserta Strukturnya

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.