10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia Singkat dengan Beragam Tema

16 November 2022 10:16 WIB
Pidato bahasa Indonesia singkat dengan beragam tema.
Pidato bahasa Indonesia singkat dengan beragam tema. ( Freepik)

Sonora.ID - Materi bahasa Indonesia kali ini kita akan membahas mengenai pidato. Menlansir dari laman KBBI V, pidato merupakan sebuah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak.

Sementara itu, mengutip dari buku Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat, pidato merupakan kegiatan berbicara di depan publik untuk mengemukakan sebuah pendapat atau untuk memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal.

Pidato ini biasanya disampaikan oleh seorang pemimpin atau orang yang dianggap penting untuk memberikan arahan.

Sebuah pidato pun biasanya disampaikan dengan tujuan untuk memengaruhi pendengar atau audiens atau untuk memberikan sebuah informasi.

Baca Juga: 5 Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat dan Penjelasannya

Metode Pidato

Dalam menyampaikan sebuah pidato ada 4 macam cara atau metode untuk menyampaikannya agar pidato dapat diterima dengan baik oleh audiens.

1. Metode Naskah

Metode yang pertama adalah metode naskah atau penyampaian pidato dengan membaca naskah yang telah disampaikan. Biasanya digunakan dalam pidato resmi atau kenegaraan.

2. Metode Memorasi atau Menghafal

Yakni sebuah metode penyampaian pidato dengan menghafal isi pidato yang telah disiapkan sebelumnya.

3. Metode Ekstemporan atau Catatan Kecil

Metode ekstemporan merupakan metode penyampaian pidato dengan cara mempersiapkan garis besarnya dalam sebuah catatan kecil.

4. Metode Impromptu

Ini merupakan cara penyampaian pidato tanpa adanya persiapan naskah atau hafalan. Orang yang berpidato langsung berbicara di depan publik dengan menyampaikan segala hal yang diketahui berkaitan dengan topik pembicaraan.

Baca Juga: Teks Amanat Pembina Upacara Hari Pahlawan Tahun 2022 Singkat dan Resmi

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Singkat

Selanjutnya, di bawah ini kami sajikan beberapa contoh pidato bahasa Indonesia yang singkat dan beragam tema yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.

Pentingnya Menjaga Kebersihan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan nikmat dan hidayah-Nya kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pidato yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi, marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin sekalian,

Jika kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang dekat kita, maka kita pun akan mendapat manfaatnya. Oleh karenanya, mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas, dan suka berbuat kebaikan.

Dengan mengajarkan menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka bisa mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan, seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Menjaga Lingkungan

Hadirin yang saya hormati

Serta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan, pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Satu di antara cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia, menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta.

Apabila sekolah kita bersih, maka orang lain pun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya, yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari sarang nyamuk aedes aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman sekalian, sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman”, maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Ke depannya, saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Bahaya Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Hadirin yang saya hormati,

Menkonsumsi narkoba adalah satu di antara perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan, perbuatan setan, dan sekaligus perbuatan keji yang harus dijauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tenteram tidak ada satu kejahatan pun.

Janganlah sekali-kali mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya, maka akan rugi seumur hidup. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Hadirin yang saya hormati,

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.