Sistem Satu Data Kubu Raya Terbaik di Indonesia

16 November 2022 12:00 WIB
Sosialisasi pemanfaatan artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam Perumusan Kebijakan di Tingkat Nasional di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya
Sosialisasi pemanfaatan artificial intelligence (kecerdasan buatan) dalam Perumusan Kebijakan di Tingkat Nasional di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya ( Prokopim Kubu Raya)

Kubu Raya, Sonora.ID - Staf Ahli Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Bappenas RI, Oktorialdi menilai Sistem Informasi Data Berbasis Geospasial di Kabupaten Kubu Raya sebagai yang terbaik dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Ia menyebut, belum semua kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki satu data seperti yang ada di Kubu Raya. Di mana dengan ekosistem satu data yang sudah terbangun di Kubu Raya, pemerintah kabupaten dalam proses perencanaan pelaksanaan sampai monev dan pengawasan pun lebih efektif dan efisien, cepat, tepat, dan berkeadilan.

"Untuk satu data spasial, Kabupaten Kubu Raya sangat baik dari 514 kabupaten/kota di
Indonesia. Untuk satu data di sektor kesehatan, contohnya, Kubu Raya sudah bisa memetakan permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat dan berkembang di suatu kecamatan,” kata Oktorialdi, Jumat (11/11).

Terkait ekosistem satu data, Oktorialdi menilai Kubu Raya sudah selangkah lebih maju dari
kabupaten/kota lainnya di Indonesia. 

Ia mengibaratkan implementasi satu data seperti mobil, di mana ada kabupaten yang tidak tahu di mana mobilnya, ada kabupaten yang tahu mobilnya tapi tidak mau mendekat, dan ada kabupaten yang tahu mobilnya dan langsung jalan.

“Nah, yang langsung jalan inilah sebenarnya Kubu Raya,” puji Oktorialdi.

Atas pujian tersebut, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengucapkan rasa syukur.

Baca Juga: MK Kukuhkan Desa Mekar Sari sebagai Desa Konstitusi Pertama di Kalimantan

Tak hanya itu Bupati Muda juga kembali bersyukur karena Kubu Raya menjadi model kabupaten percontohan oleh Badan Informasi Geospasial.

“Alhamdulillah BIG (Badan Informasi Geospasial) Pusat di Bogor telah menjadikan Kubu Raya sebagai model kabupaten percontohan di Indonesia,” katanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.