Kemensos Mulai Realisasikan Program Penanganan Kemiskinan Terpadu di Cilincing Jakarta Utara

17 November 2022 16:15 WIB
Kemensos Mulai Realisasikan Program Penanganan Kemiskinan Terpadu di Cilincing Jakarta Utara
Kemensos Mulai Realisasikan Program Penanganan Kemiskinan Terpadu di Cilincing Jakarta Utara ( Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI)

Sonora.ID - Kementerian Sosial mulai merealisasikan program penanganan kemiskinan secara terpadu. Tim Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Non-Alam (PSKBSNA) Kemensos melaksanakan langkah awal, yakni menggelar pertemuan warga untuk asesmen.

Tim Kemensos bertemu warga Cilincing, untuk merealisasikan program Keserasian Sosial dan Penguatan Ekonomi, sebagai tindaklanjut pertemuan Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama warga setempat di Masjid Al Hidayah Cilincing, Selasa (1/11), lalu. Pertemuan dipimpin Plt. Dirjen Linjamsos Robben Rico dengan didampingi Direktur PSKBSNA Mira Riyati Kurniasih.

“Kita akan merubah wajah kampung di sini menjadi bersih dan rapih,” kata Robben (17/11).

Hadir dalam kesempatan sama Dirjen Rehabilitasi Sosial Pepen Nazarudin, Sekretaris Ditjen Rehabilitasi Sosial Salahudin Yahya dan Sekretaris Ditjen Dayasos Beni Sujanto.

“Program ini merupakan rangkaian kegiatan untuk penanganan kemiskinan. Sudah menjadi tugas kita bersama melaksanakan aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Pepen.

Kelurahan Kalibiru dipilih menjadi proyek percontohan karena warga sekitar mengeluhkan keterbatasan air bersih untuk kebutuhan sehari hari. Selain itu, juga karena warga setempat berkomitmen siap berkolaborasi melakukan perubahan yang baik di masa depan.

Baca Juga: Mensos Ingin Terapkan Pendidikan Seperti Korsel untuk Ciptakan SDM Berkualitas

Di Cilincing, Kemensos direncanakan akan membuat proyek percontohan melalui beberapa kegiatan, antara lain berupa Rumah Sejahtera Terpadu (RST). Kemensos juga akan melakukan pembangunan Keserasian Sosial dengan penyediaan air bersih dari sumur bor di wilayah tersebut. Tujuannya untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga sekitar.

“Kami juga melakukan penguatan ekonomi melalui pengembangan usaha masyarakat berupa ikan teri yang diolah menjadi makanan siap saji (nugget),” kata Robben.

Kemensos juga akan membangun comunity center sebagai balai pertemuan yang dapat mendukung aktifitas nelayan.

“Keseluruhan program ini dilaksanakan atas support dari seluruh Unit Kerja di Kementerian Sosial,” Robben menambahkan.

Untuk mendukung seluruh program tersebut Robben juga mengerakkan Pilar-Pilar Sosial seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana), pendamping PKH, dan Pelopor Perdamaian untuk membantu mendata dan memperbaharui data di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Tagana dan pendamping PKH untuk membantu asesmen.

Untuk meningkatkan semangat gotong royong yang sudah mulai pudar di kota kota besar, Robben menghimbau seluruh kegiatan ini dilaksanakan secara bersama-sama.

Baca Juga: Kemensos Dukung Penyusunan RUU Kesejahteraan Lanjut Usia

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.