Sejumlah Instruksi Presiden Jokowi untuk Pasca Gempa di Cianjur

23 November 2022 09:00 WIB
Sejumlah Instruksi Presiden Jokowi untuk Pasca Gempa di Cianjur
Sejumlah Instruksi Presiden Jokowi untuk Pasca Gempa di Cianjur ( Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sonora.ID - Pasca gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi kepada jajarannya untuk bekerja sama dalam membantu penanganan pascagempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

Dalam peninjauan langsung ke lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, lokasi pertama yang ditinjau Presiden adalah jalan raya Cibeureum, yang menjadi penghubung wilayah Bogor-Cianjur, di Kecamatan Cugenang yang sempat tertimbun longsor, namun kini telah dapat dilalui kendaraan.

Usai peninjauan, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

"Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat," ungkap Presiden Jokowi, pada Selasa, (22/11/22).

Presiden menginstruksikan agar upaya evakuasi dan penyelamatan para korban didahulukan.

"Saya perintahkan kepada Menko PMK, kepada BNPB, Basarnas, dan juga saya sampaikan juga kepada TNI dan Polri, kepada Kementerian PUPR untuk bersama-sama mengerahkan jajarannya dalam membantu musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, ini utamanya yang berkaitan dengan akses, pembukaan akses yang terkena longsor. Kemudian, untuk korban-korban yang masih tertimbun, saya juga telah perintahkan agar itu didahulukan, evakuasinya, penyelamatan, didahulukan," tegasnya.

Selain itu, Presiden juga memastikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan bagi rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa, baik rumah yang rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan.

"Pemerintah akan memberikan bantuan yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, yang sedang diberikan bantuan Rp25 juta, dan yang ringan diberikan Rp10 juta," jelas Kepala Negara.

Meski demikian, Presiden Jokowi juga menekanan bahwa pembangunan kembali rumah warga yang rusak akibat gempa, harus menggunakan standar bangunan yang anti gempa.

Baca Juga: Gandeng Swasta, Partai Gelora Salurkan 1 Juta Liter Air Mineral ke Cianjur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.