Disdik Kota Cirebon
Disdik Kota Cirebon ( Sonora/Saortua Marbun)

Pastikan Dana BOS Sesuai Kebutuhan, Disdik Kota Cirebon Gunakan Rapor Pendidikan

24 November 2022 13:30 WIB

Sonora.ID - Dinas Pendidikan Kota Cirebon Jawa Barat menjadikan Rapor Pendidikan sebagai pedoman dalam melakukan pembenahan di bidang pendidikan.

Lewat indikator warna dalam rapor tersebut, Disdik Kota Cirebon memastikan pembenahan seperti dukungan alokasi anggaran untuk pembenahan berbagai hal yang menjadi kelemahan kegiatan dan program pendidikan selama ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cirebon Jawa Barat Icip Suryadi mengatakan Rapor Pendidikan Kota Cirebon sudah cukup baik. Untuk tingkat literasi misalnya, Kota Cirebon sudah berada diatas rata-rata.

“Memang masih ada yang warna kuning dan merah. Itu juga terkendala karena ada program yang datang ditengah tahun anggaran. Jadi tidak kita anggarkan. Namun, kami antisipasi dengan semacam dana non budgeter untuk berbagai program seperti Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak. Kita tetap mengupayakan untuk tetap berjalan secara maksimal”, ungkap Icip saat menerima kunjungan Press Tour Wartawan Fortadikbudristek di kantor Disdik Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Icip menjelaskan capaian sektor pendidikan di Kota Cirebon yang sudah cukup dan perlu untuk ditingkatkan menjadi baik, pihaknya membenahi kekurangan yang ada seperti sarana prasarana atau kelengkapan metode dengan harapan target yang diharapkan bisa tercapai.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bidang Kurikulum dan Tenaga Kependidikan (Kabidkurtendik) Dinas Pendidikan Kota Cirebon Jawa Barat, Lili Chauliyah mengatakan Rapor Pendidikan sangat membantu dalam realisasi Dana Operasional Sekolah (BOS) sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan oleh sekolah.

Realisasi dana BOS yang tepat sasaran diawali dengan proses identifikasi, refleksi dan pembenahan di jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Menurut Lili, di tahap identifikasi, sekolah diharapkan dapat mengidenfikasi kekurangan yang ada. Pada tahap refleksi, sekolah dapat melakukan refleksi dari kekurangan yang ada sehingga nantinya harus dibenahi dengan segera.

“Kota Cirebon Rapor Pendidikan-nya 100 persen. Kami mendahulukan Rapor Pendidikan. Karena apa? Karena ada dana BOS yang akan digunakan. Jangan sampai dana BOS tidak segi suai penggunaannya. Sudah jelas misalkan, kelemahannya di proses pembelajaran. Kenapa fisik lagi, fisik lagi? Kepala sekolah terutama sebagai manajer harus mampu merealisasikan dana BOS sesuai dengan kondisi sekolahnya”, ujar Lili di Kantor Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Dana BOS Kemenag Akan Segera Cair, Ini Besarannya dan Informasi Lengkapnya!

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm