PLN Komitmen Perpanjang Kerjasama dengan Taman Nasional Gunung Palung Hingga 2032

5 Desember 2022 19:55 WIB
( )

Bogor, Sonora.ID - PT PLN (Persero) melakukan perpanjangan kerja sama strategis yang tidak dapat dielakkan untuk pembangunan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Ketapag – Sukadan yang berada dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa), Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat dengan melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (25/11).

Pelaksana kerja sama pengelolaan kawasan hutan Tanagupa merupakan kelanjutan dari yang sebelumnya oleh PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB), kepada PLN Unit Induk Pusat Penyaluran dan Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan.

Acara diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara General Manager PLN UIP3B Kalimantan bersama Kepala Balai TN Gunung Palung, yang turut disaksikan oleh Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi (RKK) dan General Manager PLN UIP KLB pada Jum'at 25 November 2022 di Kantor Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi, Bogor, Jawa Barat.

“Perjanjian Kerja Sama atau PKS ini sudah berakhir dan harus dilanjutkan kembali sehingga kami mendukung kelanjutan PKS ini agar dapat terlaksana dengan segera. Tetapi karena proyek sudah beroperasi, maka akan dilanjutkan oleh PLN UIP3B karena sudah menjadi aset pada unit tersebut,” jelas General Manager PLN UIP KLB, Reisal Rimtahi Hasoloan.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PLN UIKL Kalimantan, Abdul Salam Nganro, mengatakan kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pembangunan strategis yang tidak dapat dielakkan dalam rangka pemeliharaan tower dan jaringan SUTT 150 kV di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung.

Baca Juga: Upaya Percepatan Pemanfaatan Sampah untuk Co-firing, PLN Lewat Program TJSL Laksanakan Workshop

"Sebagai bagian dari transformasi PLN, kami terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Semangat transformasi PLN selalu menjadi pondasi kami untuk memberikan pelayanan terbaik, " terangnya.

Kerja sama berawal bersama dengan PLN UIP KLB mulai pada tahun 2018 hingga tahun 2022, kemudian akan diperpanjang selama 10 tahun yaitu hingga tahun 2032.

Pernyataan Salam juga diamini oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Palung, Himawan Sasongko menjelaskan bahwa PKS yang ditandatangani hari ini termasuk dalam kategori kerja sama terkait kepentingan strategis nasional.

“Kami berterimakasih kepada PT PLN (Persero) atas kerjasamanya yang baik, sehingga kita bisa sampai ditahap ini, dimana infrastruktur kelistrikan di dalam Kawasan konservasi ini sudah terwadahi legalisasinya,” ungkap Himawan.

“Kepada Balai, saya sampaikan agar pelaksanaan perjanjian ini selalu dikawal dan semoga kerja sama ini memberikan dampak positif. Pelaksanaan kerja sama ini juga harus didukung dalam rangka optimalisasi pengelolaan Tanagupa dan saya harap kerja sama seperti ini benar-benar dimanfaatkan,” ucap Direktur RKK Ahmad Munawir.

Jaringan transmisi yang terletak di Kawasan Taman Nasional Gunung Palung memiliki peran strategis dalam penyaluran tenaga listrik di Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara. SUTT 150 kV Ketapang - Sukadana membentang seluas 5,88 ha yang terdiri dari 7 (tujuh) tapak tower dan ruang bebas (RoW) 10 (sepuluh) span SUTT 150 kV dengan panjang transmisi 2,6 km dan lebar 20 m.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Tag:
PenulisWilliam
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.