6 Ayat Alquran tentang Pendidikan, Jadi Motivasi untuk Tuntut Ilmu

6 Desember 2022 13:05 WIB
Ilustrasi ayat Alquran tentang pendidikan.
Ilustrasi ayat Alquran tentang pendidikan. ( Pixabay/Pexels)

Sonora.ID - Dalam agama Islam, pendidikan adalah hal yang sangat penting. Bahkan, Allah SWT menyampaikan hal tersebut lewat firman-Nya pada ayat Alquran tentang pendidikan.

Orang yang berilmu digolongkan sebagai orang beruntung baik di dunia mau pun di akhirat karena dimuliakan Allah SWT, apalagi jika memanfaatkan ilmu tersebut dengan semestinya.

Itu artinya, ilmu harus digunakan sebagai sarana bagi seorang muslim untuk menjalankan kebajikan serta mencegah dari perbuatan buruk dan batil.

Nah, ayat-ayat dalam Alquran yang menyebutkan tentang pendidikan sudah sepatutnya menjadi motivasi untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Baca Juga: 9 Ayat Alquran tentang Bersyukur, Jadi Pengingat akan Kenikmatan

Adapun ayat Alquran tentang pendidikan dirangkum dari NU Online yakni sebagai berikut.

1. Surat Al-Mujadalah Ayat 11

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.