Sertifikasi CIAE Wujud Kolaborasi BPKP dan BPK

7 Desember 2022 12:35 WIB
( )

Bandung, Sonora.ID - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memberikan sertifikasi Certified Internal Audit Executive (CIAE) kepada Anggota Vll Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hendra Susanto. Pemberikan rekognisi itu langsung diserahkan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh.

Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara Sally Salamah mengatakan, pemberian sertifikasi CIAE ini merupakan bentuk penghormatan dan apresiasi atas kolaborasi antara BPKP dan BPK dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan kinerja dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan BUMN/D.

“Kami mengapresiasi kerjasama dan kolaborasi antara BPKP dengan BPK yang sudah terjalin selama ini,“ ujar Sally.

Sementara itu, Anggota Badan Pemeriksa Keuangan VII (BPK) Hendra Susanto mengungkapkan, bahwa penguatan kompetensi auditor merupakan kewajiban. Kompetensi yang dimaksud adalah pendidikan, pengetahuan, pengalaman dan/atau keahlian yang dimiliki oleh seorang auditor atau pemeriksa, baik terkait pemeriksaan maupun tentang bidang tertentu.

"Melalui sertifikasi CIAE, diharapkan para auditor BUMN dan anak perusahaan, dapat memberikan value dan menyediakan informasi yang berkualitas bagi badan usaha secara dini, memberikan solusi atas permasalahan organisasi, serta tangkas dalam mengantisipasi risiko dan merekomendasikan mitigasi risikonya," jelasnya.

Baca Juga: BPKP Kawal Penanganan Bencana Gempa Bumi Cianjur

Pihaknya juga mengapresiasi dan mendorong inovasi yang dilakukan BPKP dalam memperkuat kompetensi auditor internal di berbagai sektor melalui pelatihan CIAE, dan diharapkan kolaborasi dan sinergi antara BPK dan seluruh satuan pengawas internal dapat terus terjalin.

Seperti diketahui, CIAE merupakan pelatihan bagi pimpinan dan calon pimpinan unit satuan pengawasan intern (SPI) pada BUMN/D Indonesia. Sertifikasi CIAE diperlukan untuk memperkuat kapasitas dan kapabilitas internal audit baik dari segi teknis maupun manajerial dalam melakukan tugas dan fungsi untuk mendukung visi dan misi BUMN dalam memberikan nilai tambah dan kontribusi yang besar dalam perekonomian nasional.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm