Ditjen Diktiristek Serahkan Hibah Fasilitas Penunjang Riset Bidang Inovasi Pembelajaran

7 Desember 2022 20:30 WIB
( )

Sonora.ID - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menyerahkan hibah fasilitas penunjang riset bidang inovasi pembelajaran kepada 124 perguruan tinggi.

Hibah ditujukan bagi upaya peningkatan akses dan kualitas pembelajaran yang kolaboratif dan partisipatif.

Penyerahan hibah ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf didampingi plt. Dirjen Diktiristek dan plt. Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie kepada empat Perguruan Tinggi, antara lain, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa, dan Universitas Al-Ghifari pada Selasa (6/12) di Jakarta.

Dalam sambutannya, plt. Dirjen Diktiristek Nizam menjelaskan bahwa program hibah fasilitas penunjang riset bidang inovasi pembelajaran bertujuan untuk memberikan akses kepada perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui berbagai inovasi dan pemanfaatan teknologi sehingga terwujud kelas pembelajaran yang kolaboratif dan partisipatif.

“Tujuan dari program hibah untuk mendorong inovasi pembelajaran di perguruan tinggi sehingga dapat terwujud kelas yang kolaboratif dan partisipatif sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi”, jelas Nizam.

Baca Juga: Joint Working Group (JWG) RI-Prancis Ke-12, Upaya Perluasan Kerja Sama Bidang Dikti, Riset, Inovasi dan Kewirausahaan

Selain itu, Nizam juga menjelaskan bahwa program ini merupakan bentuk dukungan dan perhatian penerintah terhadap peningkatan kualitas perguruan tinggi Indonesia baik PTN maupun PTS.

Nizam mencatat setidaknya ada 14 program/mekanisme bantuan pendanaan pemerintah untuk PTS antara lain tunjangan dosen dan guru besar, beasiswa studi lanjut S3 ke luar negeri, KIP Kuliah, program MBKM, Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Matching Fund Kedaireka, bantuan akreditasi, hibah sarana dan prasarana, serta berbagai bentuk bantuan dan insentif lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf mengapresiasi dan menyambut baik program hibah fasilitas penunjang riset inivasi pembelajaran yang diinisiasi Ditjen Diktiristek.

Hal ini menunjukkan besarnya dukungan pemerintah terhadap peningkatan kualitas PTS. 

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm