Cegah Penyebaran Berita Hoaks, Bersama KPID Kalimantan Barat

10 Desember 2022 16:32 WIB
Keterangan foto: Di hari kedua ini, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Barat, mengadakan Kegiatan optimalisasi dan kapasistas terutama Cegah Penyebaran Berita Hoaks.
Keterangan foto: Di hari kedua ini, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Barat, mengadakan Kegiatan optimalisasi dan kapasistas terutama Cegah Penyebaran Berita Hoaks. ( sumber foto: Dari Handhpone Husnul Arif (Sonora Pontianak))

Pontianak, Sonora.ID - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan Evaluasi Akhir Tahun dengan tema "Optimisme Penyiaran Daerah Kalimantan Barat ".

Agenda tahunan di setiap penghujung Desember yakni evaluasi dari seluruh koordinasi kerja selama setahun berlangsung lancar dan sukses dengan dihadiri oleh seluruh Lembaga Penyiaran televisi dan radio se-Kalimantan Barat dan Dinas terkait.

Di hari kedua ini, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kalimantan Barat memandang pentingnya kolaborasi dan sinergi antara mereka dengan pemangku kepentingan untuk mencegah penyebaran berita bohong atau hoaks yang marak terjadi di tengah masyarakat dan media sosial.

Ketua KPID Deddy Malik, mengatakan, penyuluhan kepada masyarakat sangat penting kita lakukan agar dapat menjadi penyambung lidah terkait bahaya dan pencegahan hoaks ini. Hal ini perlu didukung dengan kolaborasi oleh semua pihak.

Baca Juga: Kelas Kebal Hoaks di Denpasar, Bali Jadi Ajang Identifikasi dan Tangkal Hoaks

Kita tidak bisa bekerja sendiri, kita perlu bersinergi bersama untuk melakukan pencegahan ini," kata Deddy, dikutip dari Antara, Jumat (9/12/2022).

Menurut dia ada dua langkah yang harus dilakukan dalam pencegahan hoaks itu, yaitu yang pertama langkah preventif dan kedua, korektif.

"Langkah preventif ini merupakan cara untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana memilah berita fakta atau bohong, karena ini pentingnya peran media jurnalis untuk melawannya dengan berita positif. Kedua, korektif yaitu melakukan tindakan langsung untuk pencegahannya," tuturnya.

Ia juga mengatakan, penting peran orangtua dalam pengawasan anak di rumah yang sekarang tidak lepas dari yang namanya gawai.

Sementara itu, di tempat yang sama, Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak, Rendra Oxtora, mengatakan, AJI juga sudah berkolaborasi dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan Mafindo dalam pencegahan hoaks..

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.