Waspadai Beberapa Komponen Ini Apabila Mobilmu Terendam Banjir

21 Desember 2022 17:55 WIB
Ilustrasi mobil terendam banjir
Ilustrasi mobil terendam banjir ( Freepik)

Sonora.ID - Walaupun masih bulan Desember dan di penghujung tahun 2022. Musim hujan masih dialami oleh masyarakat Indonesia.

Aktivitas masyarakat Indonesia dengan mobilitas yang tinggi tentunya akan terhambat apabila curah hujan yang sangat tinggi melanda.

Apabila curah hujan yang begitu derasnya memberikan dampak banjir yang tentu saja akan menghambat segala perjalanan para pengguna jalan.

Banyak sekali dampak yang disebabkan oleh banjir terhadap kinerja kendaraan.

Seringkali banjir yang terjadi disebabkan oleh curah hujan sangat tinggi di mana hal ini dapat membuat pengendara motor yang harus menuntun kendaraanya karena ruang mesin mengalami kemasukan air ataupun juga pengendara mobil yang harus berhenti karena ruang mesinnya juga kemasukan air.

Baca Juga: Daftar Ukuran Aki Mobil Sesuai dengan Kode Standar Industrinya

Melansir dari Nova.grid.id, berikut ada beberapa kategori yang perlu kamu perhatikan apabila mobilmu sudah terendam dan menjadi korban banjir, kategori ringan, kategori sedang, kategori berat.

Pastikan selalu untuk mengecek kondisi elektrikal pada mobil apakah setelah terendam oleh banjir kondisinya baik baik saja atau terjadi konsleting di beberapa sektor.

Apabila mobil yang terendam banjir pada bagian mesin sudah dimasuki air perlu untuk dilakukan pergantian oli karena banjir yang terjadi dan masuk pada ruang mesin akan terhisap oleh ruang bakar dan tentunya berisiko merusak piston, ring piston, dan klep.

Secara umum risiko kerusakan apabila mobil terendam banjir adalah water hammer, interior yang berjamur dan berkarat, dan juga permasalahan pada kelistrikan kendaraan. Bahaya dari water hammer sendiri tentu saja mampu merusak pondasi dari blok mesin sehingga menyebabkan bengkok pada piston.

Tentu saja bukan hal yang murah apabila blok mesin harus diganti karena piston yang bengkok.

Pastikan bagian kelistrikan pada kendaraan dibersihkan dan dikeringkan secara benar dan baik agar tidak terjadi korsleting yang dapat memicu api dan kebakaran pada kendaraan.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm