Puting Beliung Terbangkan Atap Rumah Warga di Boyolali

11 Januari 2023 13:40 WIB
Ilustrasi Angin Puting Beliung
Ilustrasi Angin Puting Beliung ( )

Boyolali, Sonora.id – Angin puting beliung menerjang beberapa kecamatan di Boyolali. Peristiwa ini terjadi di Desa Guwokajen, Kecamatan Sawit dan Desa Sambon, Kecamatan Banyudono Boyolali.

Angin puting beliung ini terjadi pada hari Selasa (10/1/2023) sekitar pukul 12.45 WIB.

Peristiwa in terjadi diawali dengan awan hitam yang menyelimuti wilayah yang ada di sebelah timur proyek jalan TOL Solo-Jogja. Angin tersebut berhembus sangat kencang. 

Hal ini membuat warga langsung keluar rumah untuk melihat apa yang terjadi. Tidak berselang lama, warga melihat pusaran angin kencang meluncur dalam segaris.

Angin kencang ini meluncur dari sebelah selatan ke utara. Angin ini menyapu semua benda yang dilaluinya, seperti genting atau atap rumah lainnya.

Baca Juga: Arti Mimpi Angin Puting Beliung yang Menyimpan Misteri

Salah satu warga Desa Sambon, Kecamatan Banyudono Lutfhiah (21) menyampaikan pada saat terjadinya bencana angin puting beliung ia dan warga sekitar sedang melaksanakan kegiatan Posyandu.

Luthfiah (21) menceritakan pada saat terjadinya angin puting beliung kejadian bermula ketika angin kencang melanda Desa Sambon.

Angin kencang tersebut kemudian menerbangkan sampah-sampah dan atap-atap rumah warga ke arah utara.

Selain beberapa warga sedang melaksankan kegiatan Posyandu, warga lainnya sedang bergotong-royong memasak makanan untuk acara hajatan warga sekitar.

Datangnya angin puting beliung ini menurut keterangan dari Luthfiah membuat warga berlarian keluar dari lokasi hajatan.

Warga juga berdoa meminta pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa. Lutfhiah juga menyampaikan angin puting beliung ini berputar di Desa Sambon kurang lebih selama 15 detik.  

Baca Juga: Angin Puting Beliung Terjang 5 Dukuh di Boyolali, Begini Kronologinya!

Ia menuturkan kerusakan terparah dari kejadian angin puting beliung ini adalah rumah salah satu warga yang atap rumah bagian belakang terbang.

Warga tersebut kehilangan atap rumah dibagian dapur dan kamar mandi.

Setelah kejadian tersebut pihak RT setempat menyisiri wilayah untuk mendata dan mengecek kondisi dari warganya.

Pihak Pengurus Desa Sambon dan Polsek Banyudono juga mendatangi lokasi kejadian angin puting beliung ini.

Lutfhiah juga menuturkan tak lama berselang dari kedatangan pihak Pengurus Desa Sambon dan Polsek Banyudono, mobil ambulan datang untuk mengecek apakah ada korban jiwa dari kejadian ini.

Selain itu BPBD Kabupaten Boyolali juga datang mengecek lokasi kejadian angin puting beliung ini.

Rima Kusumawati Prasetyaningrum Kasi Kedaruratan, Kebencanaan BPBD Kabupaten Boyolali menyampaikan, pihaknya bersama relawan datang ke lokasi bencana untuk membantu evakuasi puing-puing atap yang terbang dan pohon-pohon yang tumbang.

Baca Juga: Puting Beliung Terjang Klaten, Rusak 4 Rumah Warga dan 1 Jembatan Desa

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.