Membanggakan, 5 Event Wisata Budaya Kalsel Bakal Nimbrung di KEN 2023.

13 Januari 2023 16:26 WIB
Kadis Pariwisata Kalsel, M. Syarifuddin
Kadis Pariwisata Kalsel, M. Syarifuddin ( Smart Banjarmasin/Razie)

Banjarmasin, Sonora.ID - Sebanyak 5 event wisata budaya Kalimantan Selatan masuk dalam kurasi Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2023 yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf).

Ke-5 event wisata budaya itu adalah Festival Pasar Terapung Lok Baintan di Kabupaten Banjar, Festival Budaya Saijaan di Kabupaten Kotabaru, Banjarmasin Sasirangan Festival di Kota Banjarmasin, Festival Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dan Festival Dayak Meratus di Kabupaten Balangan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, M. Syarifuddin, ada banyak manfaat yang akan dirasakan pemerintah daerah, jika event wisata budaya yang diusulkan masuk dalam KEN 2023.

Syarifuddin menjelaskan, manfaat utama adalah festival budaya turut dipromosikan dan dipublikasikan oleh Kemenparkraf.

Baca Juga: 12 Makanan Khas Makassar yang Bikin Lidah Bergoyang, Enggak Cuma Coto!

Nantinya, akan ada tim dari pemerintah pusat yang turut meliput dan menyebarkan informasi terkait pelaksanaan event wisata budaya.

“Kegiatan itu akan diliput oleh pihak Kementerian (Kemenparkraf), mereka kan banyak punya kanal-kanal informasi,” tutur Syarifuddin kepada Smart FM Banjarmasin belum lama ini.

Keuntungan lainnya, lanjut Syarifuddin, akan ada sokongan dana dari Kemenparkraf terhadap pelaksanaan event wisata yang masuk dalam KEN. Bantuan serupa juga akan ada dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, minimal dalam segi promosi kegiatan.

“Jika masuk dalam KEN akan mendapat dukungan anggaran dari pemerintah pusat,” papanya.

Dengan adanya promosi secara massif, ia meyakini, event wisata budaya yang akan dilaksanakan di banua bakal mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat.

“Dengan adanya promosi besar-besaran ini, kita meyakini akan banyak wisatawan yang datang ke Kalimantan Selatan. Masyarakat akan daaing ke tempat kita menyaksikan keunikan-keunikan wisata yang ada,” imbuhnya.

DItambahkannya, pengumuman hasil kurasi wisata budaya mana yang masuk KEN tahun 2023 akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat akan diumumkan festival mana yang masuk dalam Calender off Event Kemenparkraf,” pungkasnya.

Baca Juga: Sukses Besar! Festival Wisata Budaya Pasar Terapung 2021 Obati Kerinduan Masyarakat Kalsel

PenulisFakhrurazi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.