Duta Besar Inggris Owen Jenkins Kunjungi Semarang, Dukung Tactical Urbanism hingga Transportasi Hijau

17 Januari 2023 17:45 WIB
Dubes Inggris Untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins diterima Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin
Dubes Inggris Untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins diterima Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin ( Dok. British Embassy Jakarta, Media and Communication Team)

Semarang, Sonora.ID - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins melakukan kunjungan kerja di Semarang, Selasa (17/1) dan bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, untuk membahas langkah-langkah memperdalam hubungan bilateral di berbagai bidang, mulai dari pembangunan berkelanjutan dan pendidikan, hingga bahasa Inggris dan sektor kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Owen didampingi Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminuddin juga mengunjungi kawasan Kota Lama untuk melihat beberapa lokasi yang akan dikembangkan dengan pendekatan Tactical Urbanism.

Kedua pihak juga membahas proyek Kota Masa Depan yang sedang berlangsung yang didanai oleh UK PACT di Semarang dan Jawa Tengah, serta mencari cara untuk mendukung pembangunan dan ambisi Semarang dalam energi terbarukan, pembangunan perkotaan, digital dan teknologi.

UK PACT (Partnership for Accelerated Climate Transition) sendiri adalah lembaga yang didanai oleh Department for Business Energy and Industrial Strategy (BEIS) Pemerintah Inggris dan Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Inggris, sebagai bagian dari portofolio International Climate Finance (ICF) Inggris. Program ini bekerja dalam kemitraan dengan negara-negara yang memenuhi syarat Official Development Assistance (ODA) dengan potensi pengurangan emisi yang tinggi.

Ini bertujuan untuk mendukung negara-negara tersebut dalam menerapkan dan meningkatkan ambisi mereka untuk pengurangan Gas Rumah Kaca (GRK) sejalan dengan Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional (NDC) mereka dan tujuan jangka panjang dari Perjanjian Paris 2015 untuk membatasi perubahan iklim yang berbahaya.

Di Indonesia, UK PACT akan bekerja untuk memperkuat upaya mitigasi iklim Inggris-Indonesia yang sudah ada, serta menjajaki area baru untuk pembangunan rendah karbon dan pertumbuhan bersih.

Selain soal perkotaan, kunjungan Dubes Inggris kali ini juga merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara Pemerintah Inggris dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, yang telah diteken pada Juli 2022 lalu.

Menurut Project Manager for Future Cities PACT Maria Herdianti, nota kesepahaman itu akan ditindaklanjuti dengan pembicaraan teknis bersama PT KAI terkait pengembangan moda transportasi massal kereta api.

Pada hari Rabu (18/1) Owen Jenkins akan membuka acara TECH TO IMPACT, sebuah rangkaian pertemuan kewirausahaan yang dipimpin oleh tim Tech Hub Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, yang berfungsi sebagai platform bagi pengusaha teknologi untuk berjejaring dan sebagai komunitas kreatif yang menyediakan ruang kerja yang dinamis untuk menginspirasi lebih lanjut inovasi dalam ekosistem digital Indonesia.

Baca Juga: MGR. Agustinus Agus Sambut Kedatangan Dubes Vatican untuk Indonesia ke Kalimantan Barat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.