Ilustrasi Pantangan Penyakit Campak
Ilustrasi Pantangan Penyakit Campak ( Freepik.com)

13 Pantangan Penyakit Campak, Benar Tidak Boleh Makan Gorengan?

24 Januari 2023 16:00 WIB

Sonora.ID - Tidak ada orang yang ingin mengalami sakit penyakit di dalam kehidupannya, sayangnya, infeksi karena virus dan bakteri kerap terjadi pada aktivitas sehari-hari dan penularannya pun terbilang tinggi.

Sama halnya dengan penyakit campak.

Campak adalah penyakit infeksi pada saluran pernapasan yang terbilang sangat menular. Biasanya ditandai dengan gejala yang sangat khas yaitu munculnya bercak atau ruam merah pada seluruh tubuh.

Karena merupakan infeksi pada saluran pernapasan, maka gejala yang juga kerap dirasakan adalah pilek, batuk, hingga demam.

Sudah disebutkan bahwa campak adalah penyakit yang sangat menular, maka pasien campak memiliki banyak pantangan agar cepat sembuh dan menghentikan penularan.

Baca Juga: Campak Rubella Meningkat, Gubernur Jatim Imbau Masyarakat Lengkapi Vaksin MR Anak

Berikut ini adalah 13 pantangan penyakit campak.

  1. Beraktivitas keluar rumah. Hal ini berhubungan dengan kemungkinan penularan yang sangat tinggi.
  2. Dehidrasi atau kurang minum air putih. Pasalnya, dehidrasi akan membuat kulit kering dan membuat ruam campak semakin gatal.
  3. Terkena cahaya berlebih. Oleh karena itu, matikan lampu atau kenakan kaca mata hitam untuk mengatasinya.
  4. Berbagi barang pribadi. Hindari berbagi barang pribadi seperti peralatan makan, handuk, tempat minum, atau peralatan yang berpotensi terkena air liur atau percikan dari saluran pernapasan Anda.
  5. Makan gorengan dan tinggi garam. Hal ini bisa menyebabkan masa inkubasi jadi semakin lama, begitu pula dengan waktu untuk sembuh.
  6. Bersin dan batuk sembarangan. 
  7. Terkena udara kering. Melembabkan udara dengan humidifier juga dapat meredakan gejala seperti batuk dan sakit tenggorokan.
  8. Kontak dengan orang yang rentan infeksi. Mereka yang berada di dalam kelompok ini seperti, bayi yang masih terlalu kecil untuk mendapatkan vaksinasi, orang dengan gangguan kekebalan tubuh, dan anggota keluarga yang belum pernah vaksinasi. 
  9. Tidak mandi. Menurut keterangan Dokter, pasien campak disarankan untuk tetap mandi. Namun, tentu disesuaikan dengan kondisi pasien.
  10. Malas cuci tangan dan jaga kebersihan. 
  11. Makan makanan berlemak. 
  12. Kurang vitamin A. Hal ini menyebabkan imunitas tubuh menurun sehingga campak yang terjadi bisa lebih fatal, dan penyembuhan bisa melambat. 
  13. Garuk ruam terlalu kuat. Akibatnya bisa terjadi iritasi, dan luka yang meningkatkan risiko masalah tambahan seperti infeksi sekunder (infeksi bakteri tambahan) pada ruam tersebut.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: 9 Tanda-tanda Penyakit Campak akan Sembuh, Kapan Masa Penularannya?

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm