Berdayakan UMKM, PLN EPI Gelar Pelatihan UMKM Goes Digital

27 Januari 2023 15:59 WIB
Pelatihan UMKM Digital oleh PLN
Pelatihan UMKM Digital oleh PLN ( Humas PLN)

Jakarta, Sonora.Id - PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) mengadakan Pelatihan UMKM Goes Digital bekerja sama dengan Human Initiative yang bertempat di Wisma Hijau Depok dan dihadiri oleh 30 pelaku UMKM se-Jabodetabek. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan PLN EPI terhadap UMKM dalam rangka meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar bagi UMKM.

PLH Sekretaris Perusahaan PLN EPI, Dita Artsana mengatakan dalam pelatihan ini peserta diberikan edukasi mengenai penyusunan model usaha, pengelolaan keuangan perusahaan, digital marketing, pengetahuan tentang e-commerce serta pendampingan pembuatan toko online.

“Melalui kegiatan ini diharapkan peserta pelatihan dapat menjangkau target pasar lebih luas dan membuat bisnis mereka makin berkembang serta meningkatkan peluang penjualan melalui platform digital. PLN EPI berkomitmen untuk mendukung peningkatan kapasitas UMKM sebagai penggerak ekonomi,” papar Dita.

Berdasarkan data dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, UMKM memiliki peran yang sangat besar bagi pertumbuhan perekonomian nasional. UMKM mampu berkontribusi sebesar 60,5% terhadap PDB serta mampu menyerap tenaga kerja nasional sebesar 96, 9 % dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Siti, salah satu pelaku UMKM rujak jambu kristal dan asinan yang mengikuti pelatihan tersebut mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan UMKM Goes to Digital ini. “Saya bisa mengetahui dan mempelajari bagaimana cara meningkatkan penjualan rujak jambu krital dan asinan melalui toko online, dimana sebelumnya saya hanya memasarkan secara langsung kepada pelanggan,” tutur Siti.

Pelaku UMKM lainnya yaitu Danny yang mempunyai keahlian menjahit mengungkapkan kegembiraanya atas kegiatan ini. Pelatihan ini bisa menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman serta bermanfaat untuk kelanjutan usahanya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN EPI atas pelatihan yang dilakukan karena bisa mengembangkan usaha saya ke depannya agar mampu bersaing dengan yang lainnya,”ujar Danny.

Sebagai perusahaan yang memberikan kontribusi dalam Sustainable Development Goals (SDGs) dan ESG (Environmental, social, and corporate governance), PLN EPI akan terus membantu dan mengembangkan UMKM.

“Kami akan membantu UMKM dalam meningkatkan produk yang dihasilkan, sehingga mereka bisa bersaing dengan produk-produk lain sehingga bisa meningkatkan perekonomian pelaku UMKM,”pungkas Dita.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.