Isi Piagam Madinah Beserta Latar Belakang dan Tujuannya

30 Januari 2023 14:45 WIB
ilustrasi, Isi Piagam Madinah
ilustrasi, Isi Piagam Madinah ( Unsplash.com)

Sonora.ID - Kali ini akan diulas tentang isi piagam madinah yang menjadi salah satu perjanjian penting dalam sejarah Islam.

Bahkan para sejarawan menyebut piagam madinah adalah konstitusi tertulis pertama dalam sejarah.

Lantas apa itu piagam madinah? Dikutip dari laman NU Online, piagam madinah (disebut juga perjanjian Madinah, Dustur Madinah, Shahifah Al-Madinah) adalah suatu kesepakatan damai sekaligus draf perundang-undangan yang mengatur kemajemukan komunitas dan berbagai sektor kehidupan di kota Madinah, mulai dari urusan politik, sosial, hukum, ekonomi, hak asasi manusia, kesetaraan, kebebasan beragama, pertahanan, keamanan, dan perdamaian.

Draft kebijakan ini diperkenalkan oleh Rasulullah SAW kepada seluruh warga Madinah yang sepakat dengan isi perjanjian tersebut.

Latar Belakang Munculnya Piagam Madinah

Awal mula disepakatinya piagam Madinah terjadi pada tahun 622 ketika Nabi Muhammad SAW bersama pengikutnya hijrah dari Mekkah ke Madinah dengan tujuan melanjutkan dakwah Islam.

Saat itu, penduduk Madinah terdiri dari berbagai suku, ras dan agama. Nabi yang baru hijrah pun ingin tahu kondisi sosial di negara tersebut sehingga melakukan sensus.

Hasilnya, dari 10.000 penduduk Madinah, terdapat 1.500 umat Muslim, 4.000 orang Yahudi, dan 4.500 lainnya masih menganut paganisme.

Kemudian Nabi Muhammad SAW bertemu dengan tiga kelompok masyarakat terbesar di Madinah tersebut.

Kemudian dilakukan pertemuan untuk menyatukan kaum Anshar (Muslim Madinah) dan Kaum Muhajirin (Muslim Mekkah) di kediaman seorang sahabat, yaitu Anas bin Malik.

Setelah berhasil menyatukan Kaum Muhajirin dan Ashar, Nabi Muhammad menyatukan seluruh kelompok Yahudi.

Setelah seluruh kelompok masyarakat bersatu, diinisasi sebuah perjanjian yang disebut piagam Madinah.

Piagam Madinah disusun sebagai dasar hukum kehidupan bermasyarakat di Madinah.

Selain pemikiran Nabi Muhammad, piagam ini juga memuat gagasan dan ide dari para tokoh berbagai kelompok di Madinah.

Hal ini sesuai dengan tujuan dibentuknya Piagam Madinah, yakni untuk menyatukan dan menciptakan kehidupan masyarakat Madinah yang damai dan tentram, di balik segala perbedaan yang ada.

Baca Juga: Inilah Isi Perjanjian Hudaibiyah, Kesepakatan Nabi Muhammad SAW dan Kaum Quraisy Saat Hendak Memasuki Mekah

Isi Piagam Madinah

Apa saja isi piagam Madinah?

Dikutip dari laman Kompas.com, Piagam Madinah terdiri dari pembukaan dan 47 pasal utama yang mengatur sistem perpolitikan, keamanan, kebebasan beragama, kesetaraan di muka hukum, perdamaian, dan pertahanan.

Berikut isi piagam Madinah:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.