Tahun ini, Pemprov Sulsel Akan Bangun 11 Arsinum di Kepulauan dan Pesisir

30 Januari 2023 16:00 WIB
Fasilitas arsinum yang dibangun Pemprov Sulsel untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat pesisir
Fasilitas arsinum yang dibangun Pemprov Sulsel untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat pesisir ( Dok Humas Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Penyediaan prasarana, sarana serta utilitas (PSU) air siap minum (arsinum) masih menjadi fokus Pemprov Sulsel untuk dilanjutkan di tahun 2023 ini.

Hal ini menjadi program prioritas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Tahun ini, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) akan membangun 11 unit PSU Arsinum.

Sebelumnya, di 2022 lalu, Pemprov Sulsel telah merealisasikan pembangunan 10 unit PSU arsinum yang tersebar di beberapa daerah di Sulsel.

Di antaranya di Pulau Kanalo 2 Kabupaten Sinjai, Pulau Liukang Loe, di Kabupaten Bulukumba, Pulau Libukang di Kabupaten Jeneponto, Pesisir Desa Mattirotasi di Kabupaten Pinrang, Pulau Salebbo Mattirowalie, dan Pulau Podang-Podang di Kabupaten Pangkep, Desa Bonto Borusu dan Desa Menara Indah di Kabupaten Selayar, Pulau Pannikiang di Kabupaten Barru, dan Desa Patongloan di Kabupaten Enrekang.

Baca Juga: Antisipasi Pemprov Sumsel Menghadapi Bencana Hidrometeorologi

"Alhamdulillah, tahun 2022 lalu kita sudah bangun 10 unit arsinum dan masyarakat telah menikmati manfaat dalam mendapatkan air minum yang aman dan sehat. Tahun ini kembali akan dibangun 11 unit arsinum," ungkap Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya, belum lama ini.

Sudirman menyebut, sasaran pembangunan PSU arsinum ini adalah bagi masyarakat kepulauan, pesisir, dan daerah yang kesulitan mendapat air layak.

"Kita berharap dengan adanya arsinum ini akan bermanfaat untuk masyarakat kita di kepulauan maupun di pesisir, sehingga masyarakat dapat menikmati air minum layak dan aman," ucap Sudirman.

Adapun 11 fasilitas Arsinum yang akan dibangun tahun ini berlokasi di Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni Pulau Bahuluang, Desa Khusus Bahuluang, Kec. Bontosikuyu, Pulau Karumpa, Desa Karumpa, Kec. Pasilambena, Pulau Latondu, Desa Latondu, Kec. Takabonerate, dan Pulau Tarupa, Desa Tarupa, Kec. Takabonerate.

Kemudian dibangun pula di wilayah kepulauan di Pangkep, yakni Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kec. Tuppabiring Utara; dan Pulau Saugi, Desa Mattirobaji, Kec. Tuppabiring Utara.
Serta di Kabupaten Sinjai yakni di Dusun Pulau Kambuno, Desa Pulau Harapan, Kec. Pulau Sembilan. Di Kabupaten Bantaeng berlokasi di Kawasan Pesisir Desa Bonto Jai, Kec. Bisappu.

Kabupaten Bulukumba di Kawasan Pesisir Lingkungan Gusunge, Kel. Kalumeme, Kec. Ujungbulu. Selanjutnya Kabupaten Pinrang di Kawasan Pesisir di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros; dan Kawasan Pesisir Kel. Langnga, Kec. Mattiro Sompe.

Baca Juga: Gubernur Resmikan 10 Unit Fasilitas Arsinum, Masyarakat Pesisir Nikmati Air Bersih

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm