Setelah Pembenahan Trotoar, Pemko Medan Targetkan Pembenahan Ruas Jalan Bebas Kabel

30 Januari 2023 16:18 WIB
Salah satu ruas jalan di Kota Medan dengan pemandangan kabel melilit tidak berarturan (tribun)
Salah satu ruas jalan di Kota Medan dengan pemandangan kabel melilit tidak berarturan (tribun) ( )

Sonora.ID - Jika kita menyaksikan beberapa film Hollywood betapa bagus dan nyamannya pemandangan kota tanpa kabel melintang, sepertinya warga kota Medan tidak lama lagi akan menyaksikan hal serupa.

 

Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, tengah melanjutkan pembenahan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) melalui Program Medan Rapi Tanpa Kabel (Merata).

Dalam postingan di akun Instagramnya @Bobbynst , Wali Kota Medan Bobby Nasution menyatakan ingin membuat Kota Medan tanpa kabel.

Bobby menargetkan program Merata akan selesai pada tahun 2023 ini.

 Baca Juga: 'Bersih-Bersih' Trotoar ala Pol PP Berlanjut, Berikut Wilayahnya

Nantinya beberapa ruas jalan akan menjadi kawasan tanpa kabel.

Dalam unggahan tersebut terdapat 18 ruas jalan yang akan bebas kabel, yaitu  Jalan Jendral Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan Letjen Suprapto, Jalan KH Zainul Arifin, Jalan S Parman, Jalan Gajah Mada, Jalan Imam Bonjol.

Kemudia Jalan Pemuda, Jalan Mongonsidi, Jalan Palang Merah, Jalan Raden Saleh, Jalan juanda, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Iskandar Muda, Jalan Brigjen Katamso dan Jalan Kapten Maulana Lubis.

 

Awalnya rencana pembenahan sarana jaringan utilitas terpadu tahun ini dilakukan di 23 ruas jalan di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini.

Namun, setelah dipertimbangkan tingkat kerumitan dan proses koordinasi dengan pemilik utilitas, hanya bisa dilakukan di belasan ruas jalan.

Menantu presiden itu berharap dengan hadirnya program ini membuat Kota Medan lebih cantik dan estetik.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Kota Medan Menggelar Bimbingan Teknis & Uji Sertifikasi Profesi Film Videografi

"Semoga Medan Rapi Tanpa Kabel (Merata)  dapat menjadikan  Kota Medan menjadi lebih bagus dan estetik," jelasnya, seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Program Merata ini mengacu kepada regulasi yang ada agar selaras dengan kaidah tata ruang kota, kelestarian, dan estetika. Pemerintah Kota Medan melakukan pembenahan SJUT melalui Program Merata dengan memindahkan kabel dari udara ke bawah tanah sejak 2022.

Pekerjaan pemindahan kabel dari udara ke bawah tanah tahun ini dilakukan seiring pembenahan trotoar mulai dari vegetasi sampai furnitur.

Pembenahan trotoar ini merupakan pelimpahan sebagian wewenang pembenahan daerah milik jalan sebelumnya dikelola Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.

Bobby menargetkan program Merata akan selesai pada tahun 2023 ini. 

Baca Juga: Pemko Medan Perkenalkan Layanan PSC Call Center 119, Guna Berikan Pertolongan Gawat Darurat Buat Masyarakat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.