Target 1,5 Juta Penonton F1 Powerboat untuk Promosikan Citra Pariwisata Danau Toba

30 Januari 2023 20:08 WIB
Konpres dalam rangka Even F1 Powerboad di Danau Toba, Sumatera Utara
Konpres dalam rangka Even F1 Powerboad di Danau Toba, Sumatera Utara ( Kominfo)

Medan, Sonora.Id - Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah ke-40 ajang balap F1 Powerboat World Championship patut dimanfaatkan secara maksimal, khususnya dalam memperkuat potensi wisata. Informasi tersebut disampaikan lewat kegiatan dukungan publik Genposting (Generasi Positive Thinking) dengan tema “F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba” yang diselenggarakan oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen IKP Kemenkominfo di Medan, Sumatra Utara.

Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik, Kemenkominfo, Usman Kansong, lewat keynote speech di kesempatan ini menyampaikan bahwa citra Danau Toba sebagai destinasi wisata perlu dipulihkan. Pertama, memulihkan mulai dari infrastruktur.

“Pemerintah Pusat sangat concern dan menjadikan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Konsekuensinya adalah pembenahan infrastruktur, termasuk akan ada jalan tol yang saat ini sedang dibangun dan sudah ada Bandara Silangit yang akan mempercepat perjalanan ke Danau Toba,” jelas Dirjen Usman.

Selain keterlibatan dari pemerintah, pemulihan destinasi wisata juga memerlukan keterlibatan dari masyarakat setempat dalam membenahi kultur yang memberikan dampak pada pariwisata. Pembenahan kultur di sekitar Danau Toba, disampaikan Dirjen bisa dimulai dengan meningkatkan kultur melayani, sebagaimana yang diterapkan oleh masyarakat di daerah pariwisata lain seperti Bali atau Jogja.

“Saya percaya jika infrastruktur dibenahi, maka kultur akan ikut berubah,” tambahnya.

Selain itu, kegiatan-kegiatan yang memperkuat potensi pariwisata juga perlu lebih banyak diselenggarakan seperti kegiatan internasional F1 Powerboat Lake Toba 2023 atau F1H2O. Dirjen Usman mengungkapkan harapannya dalam dua atau tiga tahun ke depan, supaya tursi luar negeri yang datang semakin banyak mengingat lokasi Danau Toba yang dekat dengan negara-negara tetangga.

Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo, Septriana Tangkary, menyampaikan dukungan terhadap UMKM lokal yang akan dilibatkan di acara F1 Powerboat Lake Toba 2023.

“Akan ada banyak UMKM yang diajak ikut serta. Masyarakat harus bisa mempromosikan produk UMKM lokal seperti kopi bubuk, kain ulos dalam bentuk produk fashion, berbagai makanan ringan, dan cendera mata sehingga acara F1 Powerboat Lake Toba 2023 dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat lokal,” ujarnya.

Septriana menambahkan supaya acara ini dilihat sebagai potensi kolaborasi kreatif untuk  berinvestasi dan berbisnis dalam meningkatkan jumlah akomodasi dan restoran yang ada di Kawasan Danau Toba. Seiring dengan perkiraan capaian 1,5 juta penonton ajang balap F1 Powerboat yang akan melihat Danau Toba.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatra Utara, Ilyas Sitorus, pada kesempatan ini juga menyampaikan tentang persiapan pemerintah daerah menjelang pagelaran F1 Powerboat di Danau Toba. Khususnya, yang memperkuat potensi pariwisata.

“Ada 1.599 kamar hotel yang siap digunakan untuk kegiatan ini, termasuk juga homestay dan guest house yang siap menerima pengunjung dari gelaran F1 Powerboat Lake Toba 2023,” ujar Ilyas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.