Luncurkan Kalender Event, 4 Event Riau Masuk Agenda Event Nasional

1 Februari 2023 17:00 WIB
Kalender Event
Kalender Event ( )

Sonora.ID - Pemerintah Rrovinsi Riau melalui Dinas Pariwisata Provinsi melaunching kalender event dengan tema Riau Berkisah pada senin (31/01/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat menyampaikan peluncuran kalender event ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin di selenggarakan yang akan mewarnai arus produksi pariwisata di bumi lancang kuning.

“Dapat dikatakan program ini merupakan program ulang maka dengan mudah kita bisa melakukan evaluasi setiap pelaksanaanya” ujar Roni.

Ia juga menyampaikan telah terjadi kebangkitan di sektor pariwisata di tahun 2022, setelah di lumpuhkan oleh pandemi di tahun 2020-2021, dan pada tahun lalu dinas pariwisata mengangkat tema Riau Reborn dalam peluncuran kalender event.

Baca Juga: 2 Tanggal Lahir Keberuntungan Shio Anjing Berdasarkan Kalender Cina

“Pada tahun lalu kalender event bertema Riau Reborn menggambarkan kelahiran kembali dinamika kepariwisataan kita, inovasi adaptasi dan kolaborasi akan kita tingkatkan untuk dapat menghasilkan event yang berkualitas untuk menarik minat wisatawan datang ke provinsi Riau” ucap Roni.

Lebih lanjut, kata Roni, sebagai salah satu barometer yang menjadi langkah maju untuk meningkatkan pariwisata, yaitu seberapa banyak event Riau yang masuk dalam  Karisma Event Pariwisata, yang merupakan tolak ukur event berkualitas di tingkat nasional yang di gagas oleh Kementrian Pariwisata.

“Pada tahun 2021 Riau hanya meloloskan satu event untuk masuk ke karisma event pariwisata, untuk tahun 2022 riau berhasil meloloskan 3 event menyusul program riau reborn yang ditandai dengan peningkatan kualitas di seluruh lini” jelasnya.

Ia menambahakan setelah proses kurasi yang panjang serta bersaing dengan pariwista se Indonesia pada tahun ini provinsi Riau berhasil menabah satu event, sehingga ajang pariwisata Riau yang bergabung dengan agenda nasional berjumlah 4 event, diantaranya Pacu Jalur Kuantan Singingi, Bakar Tongkang di Rokan Hilir, Kenduri Riau di kota Pekanbaru, dan Festival Subayang yang di adakan di Kabupaten Kampar.

“Dengan jumlah 4 event wisata Riau yang dijadikan agenda nasional tentunya menjadikan Provinsi Riau dan Provinsi Sumtera Barat, menjadi provinsi yang terbanyak masuk agenda nasional di pulau sumatera” tegasnya.

Baca Juga: 3 Tanggal Lahir Keberuntungan Shio Tikus: 4, 13, dan juga 30!

Dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menyampaikan pemerintah provinsi Riau akan terus menerapkan strategi yang tepat unutk mengajak wisatawan berwisata ke provinsi riau.

“Untuk itu kita harus berkolaborasi memperbaiki kualitas destinasi, memperbanyak atraksi dan event-event yang menarik, menampilkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan daya tariknya” terang Edy.

Ia menyampaikan terdapat 102 event dengan berbagai jenis kearifan lokal seperti budaya, alam dan berbagai jenis event lainnya, yang akan menjadi magnet untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang dan menikmari wisata yang ada di provinsi Riau.

“Event-event dengan spririt keberlanjutan ini akan menjadi promosi yang baik untuk peningkatan citra pariwisata Riau di mata wisatawan nusantara dan mancanegara” pungkasnya.

Edy menambahkan nantinya provinsi RSiau bukan hanya di kenal dengan hasil alam namun juga pesona alamnya, budaya dan kuliner, serta memilii geografis yang dekat dengan negara tetangga.

Baca Juga: 2 Tanggal Lahir Keberuntungan Shio Macan, Sesuai dengan Hari Kelahiran Anda?

PenulisAdi Candra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.