Ini Tips Cepat Mengenali Stroke Usia Dini dengan Metode FAST

2 Februari 2023 14:05 WIB
Potret dr Lidya
Potret dr Lidya ( )

Palembang, Sonora.IDStroke adalah suatu keadaan dimana terjadi gangguan fungsi syaraf baik yang terjadi local atau global yang membuat selama 24 jam atau lebih dapat berakibat sampai kematian dan biasanya ada gangguan pembuluh darah di otak.

Jenis stroke ada dua : stroke sumbatan karena perdaran darah di otak tidak lancar. Stroke pendarahan adanya pecah pembuluh darah di otak.

“ data paling sering stroke menyerang usia 50 – 55 tahun, akhir-akhir ini sering menyerang usia muda 30 – 40 tahun bahkan belasan tahun hingga 20 tahun,” ujar dr. Lidya Aprilina, Sp.S - Dokter Spesialis Saraf RS Siloam Sriwijaya dalam acara live talkshow (11/01/2023).

Penyebab stroke pada usia muda secara spesifik antara lain karena kebiasaan merokok, peminum alcohol, diabetes usia muda, hipertensi usia muda, kadar kolesterol tinggi, kelainan darah bawaan, thalassemia, bentuk sel darah tidak baik, gangguan kekentalan darah, gangguan jantung, tingkat stress dan factor lainnya.

Untuk mengenali stroke bisa menggunakan metode FAST ; F kepanjangan face, kenali mukanya apakah tidak simetris. A kepanjangan arm, apakah terjadi perubahan indra perasa bisa saja kesemutan atau kebas. S kepanjangan speech, apakah bicaranya jadi cadel atau sulit bicara. T kepanjangan time, apakah terjadi tiba-tiba, pasien harus segara mendapat pertolongan ke rumah sakit.

Baca Juga: Kelebihan Garam Bisa Sebabkan Berbagai Penyakit, Yuk Kurangi!

Pengobatan stroke tergantung jenisnya. Mencari factor penyebab, harus tepat dan cepat pengobatanya. Pada stroke sumbatan harus segera karena bila 4,5 jam dari awal bisa dilakukan trombolisis; suntikan obat untuk memperbaiki peredaran darah.

Mengobati factor penyebab lainnya. Stroke pendarahan pengobatannya harus sedini mungkin. Bila pendarahan banyak dilakukan tindakan operasi.

Tindakan dini yang dilakukan akan lebih baik. Factor pencetus lainya juga diobati.

Apabila ada keluarga dirumah dicurigai mengidap stroke maka perhatikan gejalanya dan kondisi pasien.

Periksa pernafasannya, segera mungkin bawa ke rumah sakit. Stroke pada usia muda bila diobati dengan baik dan tepat, hasilnya akan lebih baik dibanding usia tua  yang sudah banyak penyakit lain dan memperberat pasien.

Cari fasilitas kesehatan  yang fokus membantu pemulihan dan perawatan yang baik. Pengobatan stroke membutuhkan perawatan intensif, jangka panjang dan komprehensif.

“ mencegah stroke dengan menjalani pola hidup yang sehat, menghindari factor penyebabnya seperti tidak merokok, tidak minum alcohol, mengurangi stress, mengatur pola makan yang baik, olahraga teratur, cukup istirahat dan cek kesehatan secara berkala,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Gejala Stroke yang Mudah Dikenali, Segera Bawa ke Dokter jika Sudah Mengalaminya!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm